Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Selasa, 18 Jun 2019 - 14:26:34 WIB
Bagikan Berita ini :

BW: KPU Gagal Meyakinkan MK

tscom_news_photo_1560842794.jpg
Bambang Widjojanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua tim kuasa hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto (BW) mengatakan KPU gagal membangun narasi menjawab permohonan yang diajukan

"Pihak termohon menurut kami, gagal membangun narasi yang bisa menjawab permohonan-permohonan yang diajukan," ujar BW di lansir daridetik.compada sela-sela skorsing sidang di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

BW menjelaskan ada tiga alasan yang membuatnya yakin KPU telah gagal. Pertama, BW mengatakan KPU menolak adanya perbaikan gugatan PHPU. Namun, sambung BW, KPU sebagian besar argumennya terkait dengan gugatan perbaikan tim hukum Prabowo.

Kegagalan kedua, menurut BW, yaitu KPU menyebut cawapres 01 Ma"ruf Amin bukan bagian dari pejabat BUMN dan hanya merujuk pada aturan BUMN saja. Padahal, kata BW, putusan MK Nomor 21/2017 itu menetapkan bahwa anak perusahaan BUMN juga bagian dari BUMN.

"Kedua, termohon juga telah melakukan kegagalan yang sangat fundamental, apa itu, cawapres 01 dikatakan bukan menjadi pejabat, dan anak cabang perusahaannya bukan BUMN hanya merujuk pada aturan BUMN saja. Padahal putusan MK No 21 Tahun 2017, putusan MK no 48 tahun 2013, peraturan BUMN no 3 tahun 2013, UU keuangan negara, UU perbendaharaan negara, UU antikorupsi, itu semuanya kalau dikecilkan, kalau disimpulkan bahwa anak perusahaan BUMN adalah BUMN, dan pejabat di anak perusahaan BUMN adalah mewakili representasi dari BUMN, bukan sekedar konsultan," katanya.

Lalu, kegagalan ketiga adalah terkait sistem perhitungan (Situng) KPU. BW mengaku heran dengan jumlah yang disebut KPU dengan hasil saat penetapan. Dia melihat ada perbedaan dari angka itu, sehingga KPU dinilai gagal.

"Ini yang paling menarik, KPU di dalam penetapannya menyatakan bahwa jumlah TPS itu pada 21 Mei 2019 sebanyak 812.708, penetapan itu supaya jelas dan tidak dibilang hoax itu no 988, berapa jumlah TPS menurut penetapan ini 812.708, saya akan kemukakan hasil di situng versi 16 Juni, jumlah TPS nya 813.336, saya bilang sederhana saja, bagaimana dia menjawab mengenai DPT siluman, jumlah TPS saja dia tidak mampu menjelaskan," tegas BW.

Karena tiga hal itu, BW menegaskan argumen yang dikemukakan KPU itu adalah sebuah kegagalan yang dapat menghancurkan KPU. Bahkan, BW pun mengatakan KPU telah di ambang kegagalan untuk meyakinkan hakim MK.

"Termohon ini adalah, dia telah gagal meyakinkan kepada publik. Karena sebetulnya di sini, di Mahkamah, sidang meyakinkan publik, kalau meyakinkan pemohon apalagi gitu loh. Dan saya khawatir, dia gagal untuk meyakinkan hakim-hakim di Mahkamah Konstitusi. Selamat datang kegagalan termohon 1," tutupnya. (ahm)

tag: #mahkamah-konstitusi  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement