Bisnis
Oleh pamudji pada hari Kamis, 18 Jul 2019 - 09:14:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonom UI Usul Merger Kementerian Perindustrian dan Perdagangan

tscom_news_photo_1563416084.jpg
Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri mengusulkan agar Presiden Joko Widodo melakukan merger atau menggabungkan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. Hal ini untuk mengakhiri dilema pengusaha terhadap tumpang tindih kebijakan.

"Sudah saatnya digabungkan kembali (Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian)," ujar Faisal dalam diskusi di Hotel Millenial, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Menurut Faisal, penggabungan dua kementerian ini diperlukan agar tidak terjadi perbedaan kebijakan terutama perihal impor. Pasalnya, pengusaha acapkali dilema dengan kebijakan yang saling bertentangan. Keluhan yang sering dialami pelaku usaha perihal pemenuhan kebutuhan barang dalam negeri.

Selain itu, dia juga menyarankan agar posisi menteri tidak berasal dari partai politik. Tindakan ini untuk menghindari adanya kepentingan golongan tertentu.

Menurut Faisal, salah satu sebab yang membuat kinerja kedua kementerian itu tidak maksimal adalah posisi menteri yang diisi dari kalangan partai politik.

"Harapan saya yang memimpin jangan dari kalangan partai lagi," kata dia.(plt)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement