Bisnis

Jokowi-Mahathir Berjuang Bersama Melawan Diskriminasi Sawit Eropa

Oleh pamudji pada hari Sabtu, 10 Agu 2019 - 09:37:10 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1565404630.jpg

Ilustrasi Kelapa Sawit (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan bersatu dan bergandengan tangan untuk melawan diskriminasi kebijakan kelapa sawit oleh Uni Eropa.

Rilis Biro Pers dan Media Setpres di Jakarta, Sabtu, menyebutkan kesepakatan tersebut dicapai dalam kunjungan resmi Presiden Joko Widodo di Malaysia.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengakhiri kunjungannya ke Malaysia setelah bertemu dengan Perdana Menteri Mahathir dan melakukan sejumlah kegiatan lain hingga Jumat (9/8/2019).

Dalam kunjungannya ini, Kepala Negara melakukan pertemuan bilateral dengan PM Mahathir dan membahas sejumlah hal.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut serta bersama Presiden dalam kunjungan resmi ini menerangkan bahwa kedua pemimpin berbicara dan membahas beberapa hal.

Salah satu pembahasan adalah Presiden Jokowi dan PM Mahathir  sepakat untuk bersatu dalam menghadapi diskriminasi produk kelapa sawit kedua negara oleh Uni Eropa.

"Kedua pemimpin memiliki komitmen yang tinggi untuk meneruskan perlawanan terhadap diskriminasi sawit," tutur Retno.

Retno menjelaskan, Indonesia dan Malaysia memiliki komitmen tinggi dalam isu pengolahan dan pengelolaan sawit yang berkelanjutan. Indonesia juga telah memiliki sertifikasi sawit dan data-data ilmiah yang dapat dipakai untuk perbandingan.

ASEAN dan Uni Eropa telah sepakat membentuk working group on palm oil. Indonesia menilai bahwa persamaan persepsi mengenai kerangka kerja WG tersebut penting untuk dilakukan. Tanpa persamaan persepsi dikhawatirkan working group (WG) tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan.(plt)

tag: #jokowi  

Bagikan Berita ini :