Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 31 Agu 2019 - 00:39:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Aneh, Dunia Internasional Tak Bereaksi Atas Pembantaian Muslim Kashmir

tscom_news_photo_1567186751.jpg
Ilustrasi pembantaian di Kashmir (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Krisis Kashmir terus berlangsung,pasca-India mencabut status otonomi khusus di walayah itu.

Namun, meski saat ini konflik terus berkecamuk dengan akses komunikasi di Kashmir telah diputus; dunia internasional khususnya negara-negara islam tak bereaksi apapun. Mereka diam melihat tindakan New Delhi.

Perdana Menteri PakistanImran Khan mengakuheran dunia internasional tampak tak bergeming dengan tindakan brutal militer India terhadap muslim Kashmir. Padahal, perkembangan di Kashmir sangat memprihatinkan. Dunia internasional seakan diammenyaksikan pembantaian dan pembersihan etnis warga Muslim seperti yang dulu terjadi di Srebrenica, ketika terjadi perang Bosnia pada 1990-an.

"Saya ingin mengingatkan dunia internasional, kalau hal ini terjadi lagi (terus), dampaknya bagi dunia Muslim akan sangat besar dan akan memicu siklus kekerasan tanpa henti," kata Khanseperti dikutip dariSky News, Jumat (30/8/2019).

Khan punberjanji, akan memberikan balasan yang "pantas" jika India nekat menyerang Kashmir yang dikelola Islamabad.

Berbicara di sebuah aksi demonstrasi di Islamabad, Khan memperingatkan New Delhi akan mendapatkan tanggapan yang sesuai dan bersumpah untuk terus berjuang sampai Kashmir "dibebaskan".

Ia juga menyebut Perdana Menteri India Narendra Modi sebagai "fasis" menyamakannya dengan Adolf Hitler.

Mantan pemain kriket itu mengatakan India dapat menargetkan Kashmir yang dikuasai Pakistan dalam upaya untuk mengalihkan perhatian dari pelanggaran hak asasi manusia di bagian wilayah Himalaya yang disengketakan yang dikontrolnya.

Dia takut akan terjadi "genosida Muslim di Kashmir" dan memperingatkan komunitas internasional bahwa setiap konflik antara tetangga yang bersenjata nuklir ini tidak akan terbatas pada wilayah Asia Selatan.

"Seluruh dunia akan terpengaruh," katanya.

Ia pun berjanji untuk mengangkat masalah ini dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh India di Kashmir ketika ia berpidato di depan Majelis Umum PBB bulan depan.

"Seluruh dunia seharusnya berdiri dengan Kashmir. Tetapi hari ini saya harus mengatakan, dengan sedih, bahwa ketika ada ketidakadilan terhadap umat Islam, maka masyarakat internasional, dan lembaga-lembaga seperti PBB yang memberikan keadilan, tetap diam," ujarnya seperti dikutip sindo.

Pernyataan Khan ini dilakukan sehari setelah militer negara itu mengumumkan telah berhasil menguji coba rudal permukaan ke permukaan dengan kapasitas membawa berbagai jenis hulu ledak jarak jauh hingga 290 km.

Perselisihan saat ini dimulai awal bulan ini ketika India mencabut status konstitusional khusus yang dinikmati oleh Kashmir bagian yang diperintah India dari wilayah yang disengketakan sejak kemerdekaan pada tahun 1947.

Layanan telepon dan internet ditutup dan ribuan pasukan dikirim untuk memadamkan potensi kerusuhan. Sejak itu komunikasi telah dipulihkan, tetapi daerah itu tetap terkunci, dengan tentara berpatroli dan jalan-jalan ditutup.

Demonstrasi yang memprotes pendudukan India di wilayah mayoritas Muslim diadakan di hampir semua kota dan desa di Pakistan dan Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Para pengunjuk rasa di kota Lahore timur dan tempat lain membakar bendera dan patung Modi.

Ketegangan antara kedua negara meningkat sejak 40 tentara paramiliter India tewas oleh pemboman bunuh diri di Kashmir yang dikelola India pada Februari lalu.

India menanggapinya dengan membom yang diduga sebuah kamp pelatihan militan di Pakistan. Di sisi sebaliknya, Pakistan mengklaim telah menembak jatuh dua pesawat dan menangkap seorang pilot India yang kemudian dibebaskan.

Baik India dan Pakistan mengklaim Kashmir sepenuhnya, tetapi mengelola bagian-bagian yang terpisah darinya. Keduanya telah berperang dua kali dari tiga perang di antara mereka di wilayah tersebut.

Sebagian besar warga Kashmir mendukung tuntutan pemberontak bahwa wilayah itu dipersatukan baik di bawah pemerintahan Pakistan atau sebagai negara merdeka, sementara juga berpartisipasi dalam protes jalanan sipil terhadap kendali India. (Alf)

tag: #pbb  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...