Jakarta
Oleh Jihan Nadia pada hari Rabu, 04 Sep 2019 - 23:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pajak Jangan Jadi 'Alat Sopan' Singkirkan Warga dari Tanah Jakarta

tscom_news_photo_1567613662.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedankecewa atas putusan Mahkamah Agung yang mengalahkan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam gugatan Pasal 25 ayat(1) Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Menurut Anies, hal itu jadi penghambatnya dalam upaya menyejahterakan rakyat kecil di Ibu Kota Jakarta dalam hal ini pedagang kaki lima. Padahal kata dia, rakyat kecil melanggar aturan itu karena kebutuhan.

Anies menyesalkan karena terkesanjika yang melanggar orang kecil dipermasalahkan, tapi jika itu orang mampu tak dipermasalahkan.

"Di Jakarta ada dua pelanggaran yakni pelanggaran karena kebutuhan dan karena keserakahan. Melarang rakyat kecil berjualan di pinggir gedung-gedung pencakar langit yang menyedot air di dalam tanah puluhan meter, itu tidak adil. Kota ini untuk semuanya dan kota ini jadi gambar keadilan," ujar Anies saat menghadiri milad ke-21 Front Pembela Islam baru-baru ini.

Kemudian, lanjut Anies, di Jakarta harga tanah makin hari makin tinggi. Hal tersebut berdampak pada pajak yang makin hari makin naik.

Akibatnya, pelan tapi pasti, menurut Anies, sebagian dari warga yang tak mampu tersingkir. Hal ini mengisyaratkan seakan yang boleh tinggal di Jakarta hanya mereka orang-orangkaya. Sedangkan yang miskin harus tersingkir.

Untuk itu, Anies akan mencari jalan. Dia mau setiap orang bisa dan berhak tinggal di Jakarta. Dirinya tak mau kebijakan membayar pajak cuma jadi alat menyingkirkan warga tak mampuuntuk tinggal di Jakarta.

"Jadi rakyat Jakarta dibebaskan dari PBB (Pajak Bumi Bangunan), dan ke depan akan kita jaga jangan sampai kebijakan pajak kita jadi alat sopan singkirkan penduduk Jakarta," ucap Anies. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...