Berita
Oleh sahlan ake pada hari Minggu, 29 Sep 2019 - 08:14:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Puan Ketua DPR, Tunggu Keputusan Megawati

tscom_news_photo_1569719671.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, komposisi pimpinan DPR sudah diatur dalam UU MD3. Terkait hal itu, peluang Puan Maharani sebagai unsur pimpinan dari PDIP, menurut Hasto, masih menunggu keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Pasal 427D Ayat 1 Huruf b UU MD3 menyebutkan, “ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama di DPR.”

Huruf c menyatakan bahwa “wakil Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima.”

PDI Perjuangan merupakan peraih kursi terbanyak di DPR periode 2019-2024, diikuti Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan yang mendapat kepercayaan dan mandat dari rakyat untuk memimpin lembaga DPR akan menjalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. Hanya saja, keputusan siapa yang akan ditunjuk sebagai ketua DPR sepenuhnya menjadi kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Mbak Puan tentu saja sebagai kader yang punya pengalaman yang sangat lengkap, baik itu di internal partai, legislatif, dan eksekutif. (Puan) memiliki kans yang besar, tetapi nanti kita tunggu keputusan Ibu Megawati," ujar Hasto kepada wartawan, Sabtu (28/9/2019).

Di sisi lain Hasto juga merespons soal komposisi alat kelengkapan dewan (AKD). Hasto berujar, meski PDI Perjuangan merupakan pemenang pemilu dan peraih kursi terbanyak di DPR, serta menjadi pengusung utama Presiden Jokowi, partai berlambang banteng moncong putih itu tidak ingin memerintah sendirian.

"AKD akan dilakukan lobi-lobi politik. Prinsipnya bagi PDIP, kami tidak ingin bisa memerintah sendirian. Kami membangun kerja sama politik dengan Partai Golkar, PKB, PPP, Nasdem, dan sebagainya," jelas Hasto.

Saat ini, ujar Hasto, yang sudah dibahas terkait AKD baru sebatas susunan saja, belum sampai kepada nama-nama yang akan ditempatkan.

"Baru dibahas tentang susunannya, dari PDIP mendapat berapa, komposisi pimpinan, berapa wakil, berapa di badan, itu sudah ada komunikasi dijalankan," ujarnya.

Dia menegaskan PDI Perjuangan memberikan tugas kepada Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto bersama Sekretaris Fraksi PDIP DPR Bambang Wuryanto melakukan lobi-lobi politik.(plt)

tag: #puan-maharani  #megawati-soekarnoputri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...