Oleh Jihan Nadia pada hari Selasa, 12 Nov 2019 - 16:16:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Usai Diperiksa, Begini Penjelasan BK DPRD Soal Dugaan Pelanggaran Etik William

tscom_news_photo_1573550217.jpg
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Fraksi PSI DPRDDKI Jakarta William Aditya Sarana usai menjalani pemeriksaan di Badan Kehormatan (BK) DPRD, Selasa (12/11/2019).William diperiksa berkaitan dengan unggahannya di Twitter soal temuan anggaran janggal Lem Aibon dalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020.

Ketua BK DPRD DKI Achmad Nawawi, mengatakan bahwa William sudah memberikan penjelasan dan klarifikasi.

"Dari klarifikasi yang bersangkutan, Badan Kehormatan akan melakukan rapat lagi untuk menyepakati rekomendasi dan melaporkan rekomendasi ini kepada pimpinan dewan," kata Nawawi, di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Secara umum, Nawawi menjelaskan, hampir semua anggota BK sependapat bahwa kritis itu kewajiban anggota dewan. Artinya, saat ada pengajuan program dari Gubernur yang ternyata tidak pro rakyat wajib dikritisi.

Begitupun dengan pemasukan anggaran bila ternyata pemborosan tentu saja wajib dikritisi.

"Tetapi kapan dan dimana kita menyampaikannya, kan ada mekanisme," tegas Nawawi.

Kendati begitu, BK belum mau menyimpulkan pengungkapan anggaran KUA-PPAS di media sosial oleh William ini termasuk pelanggaran kode etik.

"Oh belum sampai situ, belum ada keputusan. Kita rapat dulu," tegas Nawawi.

Nawawi mengungkapkan, bila William terbukti melakukan pelanggaran kode etik tentunya Badan Kehormatan akan tegas memberikan sanksi.

"Jadi bagi anggota dewan yang melanggar etik, paling rendah hanya teguran lisan, kalau menengah ada teguran tertulis, yang paling berat itu ya diusulkan pemberhentian jabatan," terang Nawawi.

Meski belum ada keputusan resmi, namun Nawawi secara pribadi mengatakan bisa jadi William dikenakan sanksi tertulis.

"Menurut saya enggak bakal sampai pelanggaran etik berat. Mungkin paling berat pelanggaran tertulis, tapi kan kita juga belum putuskan. Nanti setelah kunker (kunjungan kerja). Kan Kamis kita kunker dulu," demikian Nawawi.

Diketahui William menyoroti sejumlah anggaran Pemprov DKI Jakarta dalam KUA-PPAS yang dinilai janggal. Dia menyoroti anggaran itu lewat media sosial Twitter.

Anggaran yang menjadi sorotan salah satunya pengadaan lem Aibon Rp82,8 miliar di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat. Kemudian juga pengadaan pulpen sebesar Rp124 miliar di Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur. (Alf)

tag: #dprd-dki  #psi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...