Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 26 Des 2019 - 19:30:27 WIB
Bagikan Berita ini :
Tak Hanya Keamanan

Mahfud: Pemerintah akan Selesaikan Masalah Papua dengan Berbagai Pendekatan

tscom_news_photo_1577363427.jpg
Menko Polhukam Mahfud MD (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD memastikan persoalan di Papua akan diselesaikan melalui berbagai pendekatan secara komprehensif.

"Pemerintah akan melakukan pendekatannya komprehensif," kata dia saat "Ngobrol Santai Bareng Media" di Bakso Boedjangan di Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Menurut dia, pendekatan yang dilakukan terutama pendekatan secara ekonomi, kemudian kebudayaan, pendidikan, dan hukum akan lebih disinergikan, apalagi selama ini anggaran besar.

Selain itu, pendekatan keamanan menurutnya juga harus tetap dilakukan untuk melindungi rakyat, sebab tidak mungkin meniadakan personel kepolisian untuk menjamin keamanan.

"Negara seaman seperti New Zealand pun di mana-mana ada polisi. Masa lalu tidak boleh menggunakan keamanan? bukan negara namanya," kata Mahfud.

Pendekatan keamanan tersebut, dikatakan Mahfud, dilakukan dengan tujuan untuk kesejahteraan dan melindungi rakyat.

Masih menurutnya, dalam menyelesaikan persoalan Papua pemerrintah tetap bendasarkan konsensi internasional, yakni Resolusi PBB Nomor 2504 pada 19 November 1969, bahwa Papua bagian yang sah dari negara Republik Indonesia.

"Bahwa timbul gerakan atau separatis namanya, ya, kita hadapi. Yang separatis dihadapi sebagai separatis kan gitu," tegasnya. (ahm)

tag: #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...