Oleh Aries Kelana pada hari Senin, 17 Feb 2020 - 22:49:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Makin Banyak Wisatawan AS Yang Terpapar Virus Corona di Jepang

tscom_news_photo_1581954540.jpg
Kapal pesiar yang sebagian penumpangnya diduga terpapar virus Corona (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Kapal pesiar kini menjadi tempat yang rentan terhadap penyebaran virus Corona tipe baru (CoVID-19). Salah satunya seperti yang terjadi di Jepang.


Sejumlah wisatawan Amerika Serikat yang baru beerwisata di Jepang, dan hendak pulang ke negaranya dengan kapal pesiar, terpaksa diturunkan. Mereka lalu diterbangkan dengan pesawat sewaan ke negeri Paman Sam untuk diiisolasi di ruang karantina di sana.

Menurut seorang pejabat Amerika Serikat, sebanyak 14 dari 300 penumpang kapal mewah itu positif terinfeksi CoVID-19 – nama baru varian virus Corona yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Setelah penumpang menurunkan kapal dan memulai transportasi ke bandara, pejabat AS menerima pemberitahuan bahwa 14 penumpang, yang telah diuji 2-3 hari sebelumnya, telah dinyatakan positif COVID-19," bunyi pernyataan Departemen Luar Negeri dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat.

Seperti dilansir situs New York Times (17/2/2020), sebelum diterbangkan, 14 wisatawan tadi sempat dikarantina selama 10 hari. Namun kondisinya belum membaik, sehingga pihak penyelenggara wisata terpaksa menyewa pesawat sewaan.

Dua pesawat disewa untuk mengangkut mereka. Sebagian dibawa ke Pangkalan Angkatan Udara Travis di Fairfield, California, dan yang lainnya di pangkalan Angkatan Udara di San Antonio.

Semula pejabat pemerintah menolak mengangkut mereka dalam pesawat, namun berubah pikiran tak lama kemudian.

Meski dinyatakan negatif terkena CoVID-19, pemerintah negeri Paman Sam mewajibkan peserta kapal pesir itu tetap dikarantina terlebih dahulu selama 14 hari.

Ini merupakan kasus ketiga yang menimpa warga Amerika yang tengah pelesir di Cina. Sebelumnya, 40 turis Amerika yang sedang berwisata ke Jepang dengan kapal pesiar DiamondPrincess terkena setelah mereka diterbangkan ke Wuhan oleh pesawat khusus.

Pada Minggu (16/2/2020), sebanyak 258 wisatawan dari 400 orang yang bepergian juga terpapar virus mematikan.

Seemntara itu, warga Amerika yang sudah terinfeksi Corona di negaranya menjadi 29 orang dari 24 orang.

tag: #corona  #jepang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement