Oleh Jihan pada hari Jumat, 21 Feb 2020 - 08:23:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Aturan Main Balapan Formula-E

tscom_news_photo_1582248184.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pemprov DKI kini sedang mempersiapkan Ajang Balapan Formula E yang akan digelar di Kawasan Medan merdeka pada tanggal 6 Juni 2020 mendatang.

Apa itu Formula E ?

Melansirfiaformulae.com, website resmi Formula E, balapan Formula E adalah seri balapmobil listrikinternasional pertama di dunia.

Balapan tersebut terdiri atas 24 pembalap dari 12 tim dan diselenggarakan di jalanan di 12 kota yang terbagi di lima benua di dunia.

Balapan Formula E bukan hanya sekedar balapan, ajang ini juga sebagai pengujian dan pengembangan teknologi terkait dengan jalan, membantu menyempurnakan desain kendaraan listrik sembari mempromosikan bebas polusi udara pada skala global.


Mobil yang digunakan untuk balapan mempunyai kekuatan maksimal 250 kilowatt (Kw) yang artinya dapat menyentuh kecepatan maksimal 280 kilometer per jam.

Kendati demikian, saat balapan berlangsung, pengemudi hanya diperbolehkan menggunakan tenaga sebesar 200 Kw.

Lama balapan hanya berlangsung selama 45 menit.

Selain itu, terdapat peraturan yang tidak memperbolehkan pembalap untuk melakukan pengisian daya selama balapan berlangsung.

Pengisian daya mobil hanya diperbolehkan dilakukan saat laihan dan di antara setiap sesi.

Setiap sepuluh pembalap yang berhasil menyelesaikan balapan, akan mendapatkan poin.

Posisi pertama meraih poin 25, kedua meraih pon 18, ketiga meraih poin 15, keempat meraih poin 12, kelima meraih poin 10, keenam meraih poin 8, ketujuh meraih poin 6, kedelapan meraih poin 4, kesembilan meraih poin 2, dan kesepuluh meraih poin 1.

Lintasan Formula E

Adapun Rancangan rute formula ejuga telah dikirimkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Dari denah yang terpampang, sirkuit Formula E akan melewati kawasanMonasdanjalan Medan Merdeka Selatan.

Sirkuit ini nantinya memiliki panjang 2,6 kilometer dan dipastikan akan melintasi sisi selatanMonasyang saat ini tengah direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta

Tak hanya itu, untuk membuat jalannya balapan semakin seru, sirkuit ini dirancang memiliki 11 tikungan.

Dalam rancangan tersebut, Pemprov DKI juga berencana menambahkan wahana edukasi dan rekreasi publik soal teknologi ramah lingkungan di sekitar lintasan balap.

Menurut rencana, wahana tersebut akan berada di Jalan Silang Monas Barat Laut atau berada dekat Istana Presiden.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai pelaksana kegiatan telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 767 miliar.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, mengatakan, pihaknya akan melakukan pengaspalan lintasan balap Formula E di kawasan Monas dan Medan Merdeka Selatan mulai Maret 2020.

"Pekerjaannya sudah dimulai dari sekarang. Tapi pengaspalan mulai bulan depan," ujar Dwi, yang juga Chairman Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix, Kamis (13/2). (Bng)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...