Oleh Aries Kelana pada hari Minggu, 23 Feb 2020 - 09:10:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Setelah Cina Melambat, Kasus CoVID-2019 di Korsel Justru Meningkat

tscom_news_photo_1582423858.jpg
Penanganan Virus Corona di Korea Selatan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Di daratan Cina, tempat virus Corona CoVID-19 berasal, mulai mengalami perlambatan peningkatan kasusnya. Pada Jumat lalu (21/2/2020), jumlah kasus baru yang ditemukan pemerintah Cina adalah 397 orang. Padahal sehari sebelumnya terdaoat 889 kasus baru.

Pihak berwenang Cina mengatakan, daratan itu memiliki 397 kasus baru yang dikonfirmasi pada hari Jumat, turun dari 889 sehari sebelumnya.

Komisi Kesehatan Nasional Cina memerlihatkan bahwa cuma 31 kasus baru yang muncul di luar provinsi Hubei – tempat CoVID-19 berasal.

Namun, ironisnya, jumlah kasus di luar Cina justru meningkat tajam. Korea Selatan, Iran, Italia, dan Libanon, mencatatkan kasus yang mengawatirkan. Penyakit ini telah menyebar ke sekitar 26 negara dan wilayah di luar Cina daratan, menewaskan lebih dari selusin orang.

Sebut saja di Korea Selatan, peningkatan kasus sebanyak dua kali menjadi 433 kasus. Diperkirakan dalam waktu tak lama bakal membengkak jadi 1.000 orang, setelah puluhan orang terpapar di gereja.

Di Italia juga melaporkan kasus pertama kematian dari 59 kasus di negeri spaghetti. Pemerintah setempat itu pun menutup 10 kota untuk mencegah penyebaran virus mematikan tadi. Seperti di Veneto, Lombardy, Piemento, dan Umbria.

Di Condogno, virus itu menyebar di rumah sakit yang sama. Di situ, seorang pasien beserta istri dan temannya terkontaminasi. Begitu pula 5 staf kesehatan, termasuk dokter dan perawatnya.

Meski ada penurunan di negeri Panda, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap prihatin adanya lonjakan kasus di sejumlah negara lain.

“Kekhawatiran terbesar kami terus menjadi potensi COVID-19 untuk menyebar di negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah,” kata Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pemerintah Amerika Serikat menyerukan pengumpulan dana seebsar US$675 juta untuk membantu negara-negara yang rentan terpapar dan ekonominya lemah, seperti beberapa negara Afrika yang berhubungan dengan Cina.

tag: #corona  #korea-selatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...