Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 20 Mar 2020 - 20:48:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Avigan dan Klorokuin, Dua Obat yang Disebut Jokowi Mampu Obati Pasien Corona

tscom_news_photo_1584712083.jpg
Pohon Kina (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Upaya pemerintah menanggulangi dan mengobati pasien terdampak virus corona (Covid-19) masih terus digenjot. Kondisi yang semakin parah membuat pemerintah memutuskan untuk membeli obat penawar bagi virus corona.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan, belum ada vaksin penyakit akibat virus corona atau Covid-19 yang ditemukan. Sebagai solusinya, pemerintah memesan jutaan obat yang dinilai bisa menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19.

"Obat tersebut akan sampai pada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (20/3/2020).

Jokowi berujar, obat tersebut sudah dicoba di beberapa negara dan hasilnya positif memberikan kesembuhan.

"Kita telah mendatangkan 5.000. Akan kita coba dan dalam proses pemesanan hingga 2 juta. Kita ingin sampaikan, kita tidak diam. Tapi mencari hal dan informasi apa yang bisa agar dapat selesaikan Covid-19 ini," ucap Jokowi.

Ada dua jenis obat yang disiapkan, yaitu Avigan dan Klorokuin.

Pemerintah disebut telah mendatangkan 5.000 butir Avigan dan tengah memesan 2 juta butir obat tersebut. Sementara itu, klorokuin sudah disiapkan sebanyak 3 juta butir.

Avigan

Mengutip laman Kompas, Avigan atau Favipiravir adalah obat antivirus dari Jepang yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang, yaitu Fujifilm Toyama Chemical, dan diproduksi oleh Zheijang Hisun Pharmaceutical.

Awalnya, obat ini dikembangkan untuk mengobati virus influenza. Februari lalu, Avigan tersebut diakui sebagai pengobatan eksperimental untuk pasien Covid-19. Avigan menunjukkan hasil positif dalam uji klinis yang melibatkan 340 orang di Wuhan dan Shenzhen. Empat hari usai diberikan obat tersebut, para pasien Covid-19 dites kembali dan menunjukkan hasil negatif.

Meski begitu, setengah pasien yang dites menunjukkan hasil negatif lebih awal, dan setengahnya lagi lebih dari empat hari.

Klorokuin

Klorokuin fosfat (chloroquine phosphate) merupakan senyawa sintetis kimiawi yang memiliki struktur sama dengan quinine sulfate. Quinine sulfate sendiri berasal dari ekstrak kulit batang pohon kina, yang selama ini juga menjadi obat bagi pasien malaria.

Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran (Unpad), Keri Lestari, mengatakan bahwa quinine sulfate dan chloroquine phosphate memiliki manfaat yang sama dalam proses penyembuhan penyakit malaria.

Sementara itu, klorokuin yang terdapat dalam pohon kina, juga menjadi salah satu senyawa yang dianggap sebagai kandidat antivirus untuk Covid-19. Penelitian tentang ini telah dilakukan oleh Wuhan Institute of Virology dari Chinese Academy of Sciences. Penelitian itu dilakukan oleh ahli virologi Manli Wang bersama timnya, dan telah dipublikasikan dalam jurnal Nature.

Berdasarkan penelitian awal, klorokuin dapat menghambat kemampuan virus baru untuk menginfeksi dan tumbuh di dalam sel saat diuji pada kera.

Pakar Farmakologi & Clinical Research Supporting Unit FKUI, dr Nafrialdi, sebelumnya menekankan perlunya uji klinis untuk dapat menetapkan klorokuin sebagai obat untuk melawan virus corona.

Nafrialdi juga memiliki kekhawatiran karena klorokuin sebagai obat antimalaria juga sudah tidak lagi digunakan karena banyaknya kasus resisten malaria di sejumlah wilayah, termasuk Papua. Meski begitu, bila memang klorokuin dapat menjadi obat bagi pasien Covid-19, maka itu merupakan sinyal awal.

“Itu mungkin hanya sinyal awal, tapi jangan langsung diterjemahkan bisa langsung dipakai. Perlu dilakukan serangkaian uji klinis untuk bisa menyatakan obat antimalaria menjadi obat virus corona,” kata Nafrialdi, Kamis (12/3/2020).

tag: #corona  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement