Oleh Alfin pada hari Sabtu, 21 Mar 2020 - 20:32:06 WIB
Bagikan Berita ini :

BPJAMSOSTEK Terapkan Protokol 'Lapak Asik' Untuk Cegah Corona, Bagaimana Sistemnya?

tscom_news_photo_1584797526.jpg
BP Jamsostek (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK) dalam jangka waktu ke depan akan memberlakukan pelayanan non tatap muka. Lembaga jaminan sosial milik pemerintah ini akan menerapkan pelayanan berbasis online bernama "Protokol Lapak Asik" (Layanan Tanpa Kontak Fisik) gunameminimalisir laju penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja.

Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK, Krishna Syarif, mengatakan pihaknya memberlakukan ini karena dipandang penting untuk turut ambil bagian dalam usaha bersama pemerintah dan masyarakat menghadapi virus corona.

“Selain mempermudah peserta, tentunya hal ini berdampak pula pada perlambatan penyebaran virus Covid-19 yang sedang diupayakan pemerintah penanganannya,” kata Krishna melalui keterangan tertulis yang diterima TeropongSenayan, Jumat (20/3/2020).

Dalam Keterangan BPJAMSOSTEK dijelaskan, peserta dapat melakukan klaim jaminan hari tua (JHT) dengan mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU yang bisa diunduh di Play Store, atau langsung melalui situs resmi antrian online dihttps://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/​.

Setelah selesai mendaftar, kemudian peserta diwajibkan mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email. Alamat email yang dituju akan diberikan saat registrasi dan unggahan harus dilakukan palinglambat H-1.

Berikutnya, petugas akan melakukan cek berkas. Jika dokumen lengkap dan valid, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti e-mail, WhatsApp/SMS, atau telepon.

Jika yang peserta gagal mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK yang dipilih saat registrasi. Di kantor, peserta diimbau untuk memasukkan dokumen ke dalam drop box yang tersedia untuk diproses lebih lanjut.

Tetapi sebelumnya, peserta harus mengisi formulir lalu diletakkan ke dalam drop box setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi. "Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK dengan membawa persyaratan yang ditentukan, lalu memasukkan ke dalam drop box yang disediakan," kata Krishna.

Adapun pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon, e-mail, atau video call.

Tidak hanya klaim JHT yang dilakukan melalui "Lapak Asik", layanan lainnya juga akan dilakukan melalui cara yang sama.

Untuk diketahui, semua peserta yang mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK akan diukur terlebih dahulu suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga higienitas diri sebagai upaya mencegah tertularnya Covid-19.

Selain itu, salah satu bentuk mitigasi BPJAMSOSTEK dalam mengurangi interaksi langsung adalah dengan menempatkan drop box di luar ruangan.

Semua dokumen yang diterima pun akan terlebih dahulu disemprot dengan disinfektan untuk kemudian bisa diserahkan kepada petugas BPJAMSOSTEK di dalam ruangan.

Dokumen di dalam drop box akan diteruskan secara berkala kepada petugas back office untuk diproses lebih lanjut. Diharapkan dengan cara seperti ini, akan meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Khrisna menjamin pelayanan yang diberikan selalu sesuai dengan standar yang berlaku di BPJAMSOSTEK. “Hal terpenting saat ini adalah, kami mohon pengertian seluruh peserta yang mengakses layanan kami, untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19 untuk kebaikan bersama,” pungkas Krishna.

Informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmiwww.bpjsketenagakerjaan.go.id​, atau dapat mengunjungi akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook atau Twitter @bpjstkinfo. (Allan)

tag: #corona  #virus-corona  #bpjs-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Lainnya
Berita

Gorontalo Segera Terapkan Kehidupan New Normal, Begini Gambarannya.

Oleh Rihad
pada hari Thursday, 28 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Empat provinsi yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), termasuk Gorontalo siap memasuki era baru. Penerapan New Normal menghadapi Coronavirus Disease 2019 ...
Berita

Fadli Zon Tiba-tiba Kasihan dengan Gelar Profesor Mahfud, Kenapa Ya?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politikus Partai Gerindra Fadli Zon merasa kasihan dengan gelar profesor yang disandang oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Pasalnya, Mahfud menyebut jumlah korban ...