Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 24 Mar 2020 - 19:12:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Demokrat Beri 5 Rekomendasi ke Pemerintah Tarkait Penanganan Wabah, Apa Saja?

tscom_news_photo_1585051947.jpg
Edhie Baskoro Yudhoyono (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Dalam keadaan yang semakin memperihatinkan seperti sekarang, ego sektoral dan kepentingan pribadi maupun kelompok dalam politik tak lagi mempunyai porsi untuk ditunjukkan. Sebaliknya, hal tersebut mesti dikesampingkan seraya merangkul semua pihak untuk bergotong-royong menghadapi tekanan pagebluk corona atau COVID-19.

Pemerintah sebagai "tukang" eksekusi dalam pemberantasan wabah global ini, tetap menjadi harapan semua pihak untuk dapat menyelesaikan semua masalah dan membawa keadaan kembali membaik. Maka tak heran, jika pengawasan dan dukungan dari lembaga legislatif dan partai politik turut menjadi penyumbang gagasan yang utama untuk percepatan penanganan virus ini.

Dalam konteks tersebut, sejumlah anggota dewan dan partai politik telah memberikan masukan yang jelas kepada pemerintah. Salah satu fraksi yang hingga kini aktif menyokong gagasan itu adalah fraksi Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat.

"Fraksi Demokrat memberikan apresiasi dan dukungan kepada Pemerintah, Gugus Tugas Covid-19 dan tenaga medis dalam menjalankan tugasnya memastikan keselamatan nyawa dan kesehatan rakyat," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR,Edhie Baskoro Yudhoyono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

Pria yang akrab disapa Ibas ini menuturkan, Demokrat telah melakukan sejumlah kegiatan guna membantu pemerintah menangani pandemi global corona. Berbagai kegiatan itu sepertifogging dan semprot disinfektan keliling, pembagian masker & handsanitizer, pemberian alat Pelindung diri (APD) dan termasuk sosialisasi “Physical Distancing” serta hidup sehat melalui “GERMAS” (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

"Fraksi Partai Demokrat peduli dan tidak tinggal diam. Kami pun selain berdoa, berpikir, dan berikhtiar juga melakukan kegiatan teknis bersama gotong royong di lapangan dalam hal membantu menghilangkan kecemasan dan mengurangi derita rakyat akibat wabah yang tidak kunjung selesai," kata Ibas.

Kendati memang telah melakukan sejumlah upaya penanggulangan virus, Ibas melanjutkan, Demokrat memberikan beberapa rekomendasi untuk hal ini. Adapun rekomendasi tersebut antara lain:

1. Fraksi Partai Demokrat (FPD) meminta dan memastikan Pemerintah memvalidasi Transparansi Data secara berkala serta melakukan “Public Report” terkait update wabah virus corona terkini.

2. Fraksi Partai Demokrat (FPD) mengingatkan dan mendorong terus terciptanya Kolaborasi, Koordinasi, dan Aksi Tanggap, Cepat, Tepat antara Pemerintah Pusat & Daerah dengan Seluruh Stakeholder termasuk komunikasi di Dunia.

3. Fraksi Partai Demokrat (FPD) mendukung Pemerintah untuk melakukan “Refocusing Program” untuk a) Kesehatan Rakyat, b) BLT, PKH Plus dan atau Program Jaring Sosial (Social Safety Nett) lainnya, dan c) Relaksasi sektor usaha termasuk UMKM yang terdampak.

4. Fraksi Partai Demokrat (FPD) mengusulkan Pemerintah tetap menjaga “distribusi alat kesehatan”, “ketahanan logistik”, “Supply & Demand” dan daya beli masyarakat agar ekonomi tetap bergerak.

5. Fraksi Partai Demokrat (FPD) mengusulkan Pemerintah untuk mengajukan APBN-P 2020 demi terciptanya Target Asumsi yang sesuai dan Fiskal Indonesia yang Sehat, Prudent, dan Transparan untuk “Refocusing Program” tersebut.

Putra kedua dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menambahkan, pihaknya akan terus berupaya membantu dan memberi solusi agar tekanan dari pandemi ini dapat segera dilenyapkan. Dengan begitu, perekonomian bangsa yang belakangan ini surut karena terdampak wabah corona dapat segera membaik.

"Serta kehidupan sosial dan kesejahteraan rakyat pun terjaga. Karena, Harapan Rakyat adalah perjuangan kita semua. Keselamatan rakyat yang utama," pungkas anggota komisi VI DPR ini.

tag: #ibas  #corona  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement