Oleh Aries Kelana pada hari Kamis, 16 Apr 2020 - 19:54:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Mantan Diplomat Korea Utara Dapat Kursi di Parlemen Korea Selatan

tscom_news_photo_1587041677.jpg
Thae Yong Ho (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Di tengah pandemi COVID-19, Korea Selatan menggelar pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang duduk di kursi parlemen. Dalam pemilu tersebut mendapatkan hasil mengejutkan. Mantan diplomat Korea Utara terpilih untuk duduk di parlemen.

Nama diplomat itu adalah Thae Yong Ho. Dia adalah mantan wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris. Kemudian pada 2016, ia melarikan diri ke Korea Selatan. Setibanya di Korea, ia menggunakan nama samaran Tae Ku-Min agar tidak terlacak pihak intelijen Korea Utara.

Ketika diumumkan bahwa ia meraih suara yang cukup, Yong Ho menangis dan menyanyikan lagu kebangsaan Korea Selatan.

Yong Ho mencalonkan diri melalui partai oposisi Partai Persatuan Masa Depan (UFP) dan meraih 58,4% suara di daerah pemilihannya di Gangnam, distrik Seoul yang kaya yang terkenal dengan rapper Psy.

"Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah tidak hanya bagi saya tetapi juga untuk sejarah Korea," kata Thae, sebagaimana dikutip situs thechannelnewsasia.com (16/4/2020).

Yong Ho kini dikenal sebagai kritikus masalah Korea Utara yang terang-terangan mempersoalkan pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

“Pemilihannya dapat menjadi jendela untuk memungkinkan Korea Utara memahami bagaimana pemilihan yang bebas dan demokratis akan berlangsung," katanya.

tag: #korea-selatan  #korea-utara  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...