Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 31 Mei 2020 - 11:37:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Kerusuhan Meluas di AS, DPR Minta KBRI Jamin Keselamatan WNI

tscom_news_photo_1590899860.jpg
Kerusuhan di AS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kerusuhan yang dipicu aksi unjuk rasa atas kematian warga kulit hitam Goerge Floyd meluas di kota-kota Amerika Serikat. Floyd tewas akibat penangkapan polisi AS atas tuduhan kriminal dengan cara yang dinilai brutal dengan menindih leher dengan kaki yang menyebabkan kesulitan nafas dan berujung kematian.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menekankan early warning dan pengamanan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

"Mengingat kerusuhan meluas di berbagai kota besar di AS penting bagi KBRI kita untuk memberikan peringatan dini kepada warga negara Indonesia di AS agar waspada dan menjaga diri dari ancaman kolateral kerusuhan yang terjadi. KBRI harus jamin keselamatan WNI," ungkap Jazuli, Minggu (31/5/2020).

Apalagi, lanjut Anggota Komisi I DPR ini, saat ini AS sendiri masih menerapkan protokol penanganan virus corona. Kerumunan akibat unjuk rasa dan kerusuhan yang terjadi dan meluas di kota-kota AS dikhawatirkan memperparah penyebaran virus corona di AS.

"KBRI perlu membuat peringatan tegas agar semaksimal mungkin mencegah warga negara kita keluar dari rumah serta mengaktifkan seluruh saluran komunikasi kedaruratan agar posisi dan kondisi WNI dapat dipantau secara cepat dan tepat," katanya.

Jazuli Juwaini berharap pemerintah atau otoritas AS dapat mengatasi permasalahan dengan baik sehingga kerusuhan dapat diredam. Kerusuhan dan konsentransi masa di tengah pandemi ini jelas menyebabkan dampak ganda.

"Ini juga pelajaran bagi Indonesia agar di tengah pandemi semua pihak berhati-hati dan tidak menimbulkan kontroversi, baik dalam bentuk kebijakan maupun tindakan termasuk dalam penegakan aturan, sehingga tidak menyulut emosi massa, unjuk rasa, dan konsentrasi massa," pungkas Jazuli.

tag: #amerika  #kerusuhan  #komisi-i  #pks  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...