Oleh windarto pada hari Rabu, 24 Jun 2020 - 10:43:06 WIB
Bagikan Berita ini :

LKB Apresiasi Kebijakan Anies Tetapkan Perkampungan Betawi Setu Babakan sebagai Kegiatan Strategis Daerah

tscom_news_photo_1592970186.jpg
Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan (Sumber foto : dok: istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mengharapkan ada perhatian lebih besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terhadap Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, yang diproyeksikan sebagai pusat kegiatan kebetawian di masa depan.

Harapan tersebut disampaikan di tengah perayaan hari jadi ke-493 kota Jakarta pada Senin (22/6).

"Syukur Alhamdulillah, jika PBB Setu Babakan dapat ditetapkan sebagai salah satu Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Pemprov DKI Jakarta," ujar Beky Mardani, Ketua Umum LKB, dalam keterangan persnya.

Dalam upacara peringatan HUT Jakarta, kemarin (22/6), yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan PhD di Balai kota, Beky Mardani mendapat kepercayaan membacakan Ringkasan Sejarah Jakarta.

Menurut Beky, sebagai pengemban amanat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi, LKB mengucapkan selamat kepada seluruh warga Jakarta atas hari bahagia ini. Dengan harapan Jakarta dapat berperan lebih baik lagi sebagai jendela Indonesia di mata dunia, serta menjadi kota yang membahagiakan dan mensejahterakan warganya.

Berusia 493 tahun, Jakarta tumbuh menjadi megapolitan dengan segala permasalahannya yang kompleks. Selama itu pula nilai-nilai budaya Betawi yang terbuka, demokratis, dan egaliter ikut membentuk jati diri bangsa Indonesia. Nilai-nilai itu menjadi perekat di tengah keberagaman.

Jakarta juga sudah membuktikan ketangguhannya mengatasi berbagai persoalan yang mendera, sejak era prakolonial, kolonial, perjuangan kemerdekaan, hingga memasuki abad teknologi informasi ini.

LKB juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemprov DKI Jakarta atas perhatiannya pada upaya pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Meski masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan, jika merujuk pada amanat UU No 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia, maupun Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi.

Pandemi Memukul Seniman Betawi

Peringatan Hari Jadi ke-493 Jakarta dilakukan di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Dampak pandemi ini begitu luar biasa terhadap ketahanan ekonomi masyarakat, tak terkecuali seniman Betawi. Nyaris tidak ada kesempatan bagi seniman Betawi untuk mempertunjukkan kebolehan mereka akibat pandemi.

“LKB tentu tidak tinggal diam. Selain menyerahkan bantuan sembako dalam beberapa tahap kepada para seniman terdampak, LKB juga terus memantau kondisi para seniman dan sanggar-sanggar termasuk merancang strategi agar mereka tetap dapat berkesenian di era kenormalan baru,” paparnya.

LKB percaya, ketangguhan Jakarta akan kembali terbukti di era pandemi ini. Mari kita berdoa dan tetap ikhtiar dengan jaga jarak, konsisten bermasker, dan rajin cuci tangan untuk memutus rantai penularan Covid-19. Selamat Hari Jadi Jakarta, Sehat dan Aman Warganya, Bahagia Kotanya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...