Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 24 Jun 2020 - 18:19:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Kanada Diminta Tak Mengekstradisi Putri Pemilik Huawei Ke AS

tscom_news_photo_1592997561.jpg
Meng Wanzhou (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - mantan hakim agung pada Mahkamah Agung Kanada, Louise Arbour, menyarankan agar pemerintah Kanada tidak mengsktradisi Meng Wanzhou, seorang eksekutif Huawei, Kanada. Pasalnya, jika itu dilakukan akan memperburuk hubungan Kanada dan Cina.

Sejak penangkapan Wanzhou, Cina berang dan menghentikan impor produk-produk pertanian dari Kanada. Selain itu, mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor yang ditahan oleh Beijing pada Desember 2018, nasibnya bakal tidak jelas.

“Sudah waktunya bagi menteri [keadilan] untuk menggunakan wewenangnya, tanggung jawabnya di bawah hukum dan mengakhiri proses ini," ujar Arbour seperti dikutip channelnewsasia.com (24/6/2020).

Putri tertua pendiri Huawei Ren Zhengfei ituditangkap di Vancouver, Kanada lewat surat perintah dari AS yang menuduh Wanzhou terlibat dalam penjualan ke Iran yang dikenai sanksi AS. Huawei dianggap melanggar sanksi AS.

Berbekal surat jaminan, Wanzhou dibebaskan dari tahanann dan tinggal di sebuah rumah mewah di Vancouver. Sementara itu kedua orang Kanada itu tetap berada dalam sistem hukuman Tiongkok.

Kejaksaan Agung Cinamengatakan telah memulai pengusunan penuntutan terhadap Kovrig dan Spavor. Keduanya "dicurigai sebagai spionase asing" dan "memberikan rahasia negara."

Menanggapi permintaan Arbour, Perdana Menteri Justin Trudeau telah menolak proposal. Ia memintanya untuk tidak campur tangan dengan alasan independensi peradilan. Apalagi membebaskan Wanzhou dengan imbalan pembebasan kedua warga Kanada.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menuntut agar Tiongkok membebaskan kedua orang Kanada itu. "(negaranya) menolak penggunaan penahanan yang tidak dapat dibenarkan ini untuk memaksa Kanada," tegasnya.

tag: #huawei  #amerika-serikat  #iran  #pm-kanada  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Bagi Yang Masih Bingung, Inilah Pedoman Pengenaan Pasal Karet di UU ITE

Oleh Rihad
pada hari Wednesday, 23 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah telah menerbitkan pedoman implementasi pasal tertentu dalam Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dikenal sebagai pasal ...
Berita

Soal Wacana Revisi PP 109/2012, Kementan Berharap Kementerian Terkait Mempertimbangkan Kembali

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Pertanian menyatakan wacana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau ...