Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 25 Jun 2020 - 13:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pernyataan Kedubes China Bikin Fadli Zon dan Rizal Ramli Marah Sekali

tscom_news_photo_1593067431.jpg
Fadli Zon dan Rizal Ramli (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kedatangan sekitar 500 pekerja asal China ke Konawe, Sulawesi Tenggara, disambut demo oleh mahasiswa setempat. Kejadian ini mengundang reaksi dari Kedutaan Besar China di Jakarta. Konselor Bidang Ekonomi dan Bisnis Kedubes China untuk Wang Liping menyatakan kedatangan pekerja asing memang dibutuhkan.

Tapi ada pernyataan Wang yang memanaskan kuping orang Indonesia. Antara lain dia menyatakan, pekerja asing yang datang dari China adalah pekerja terampil, sementara pekerja lokal kebanyakan pekerja biasa. Pernyataan itu dinilai menghina pekerja Indonesia.

Anggota Komisi I DPR Fadli Zon menganggap pernyataan Kedubes China telah merendahkan pekerja Indonesia. "Tak pakai diplomasi, suara dari Kedubes RRC ini sangat merendahkan pekerja Indonesia," kata Fadli di Twitter-nya @fadlizon dikutip, Kamis (25/6).

Tidak hanya Fadli Zon, ekonom senior Rizal Ramli juga menyesalkan pernyataan Kedubes China tersebut. "Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar dan agak kurang ajar dari seorang Dubes. Kok segitu beraninya?" twit Rizal di akun Twitter @RamliRizal, dikutip pada Kamis (25/6).

Gaji TKA Asing

Konselor Bidang Ekonomi dan Bisnis Kedubes China untuk RI, Wang Liping menjelaskan mengapa gaji tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia dinilai lebih besar dibanding tenaga kerja lokal. Menurut Wang, sebetulnya perusahaan China menggaji karyawannya sesuai dengan kompetensi pekerja itu sendiri, dilihat dari kontribusi dan produktivitasnya juga. Dia menegaskan dalam menentukan upah, perusahaan China di Indonesia tidak melihat latar belakang kebangsaan.

Lebih lanjut, Wang menyebutkan masih ada pekerja Indonesia yang sudah menjadi beberapa ahli teknis mendapat gaji jauh lebih besar dibanding pekerja China. "Pertama perusahaan China sama seperti semua perusahaan dunia, mereka menaikkan gaji karena kontribusi dan produktivitas pekerja, tidak ada kaitan soal kebangsaan. Ahli teknis Indonesia pun mendapat gaji lebih besar daripada pekerja China biasa," ujar Wang dalam video teleconference bersama wartawan, Rabu (24/6/2020).

Wang menjelaskan, di lapangan, pekerja China kebanyakan merupakan pekerja dengan kompetensi tinggi makanya mendapatkan gaji besar. Sementara pekerja lokal, cuma pekerja biasa. "Pekerja China kebanyakan merupakan pekerja terampil dan manajemen teknis, sementara pekerja lokal kebanyakan kurang terampil dan cuma pekerja biasa, maka gaji pekerja China lebih tinggi," kata Wang.

Lebih lanjut, Wang menyebutkan masih ada pekerja Indonesia yang sudah menjadi beberapa ahli teknis mendapat gaji jauh lebih besar dibanding pekerja China "Pertama perusahaan China sama seperti semua perusahaan dunia, mereka menaikkan gaji karena kontribusi dan produktivitas pekerja, tidak ada kaitan soal kebangsaan. Ahli teknis Indonesia pun mendapat gaji lebih besar daripada pekerja China biasa," ujar Wang.

tag: #fadli-zon  #rizal-ramli  #tenaga-kerja-asing-tka  #china  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...