Oleh Alfin Pulungan pada hari Minggu, 05 Jul 2020 - 15:28:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Fikri Faqih Kenang Sosok KH Hilmi Sebagai Syaikhut Tarbiyah

tscom_news_photo_1593937416.jpg
Almarhum KH. Hilmi Aminuddin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pendiri sekaligus mantan Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), KH Hilmi Aminuddin, wafat pada penghujung bulan Juni lalu. Di usianya yang tutup pada 72 tahun, sosok KH Hilmi dikenang memiliki sejumlah kontribusi besar bagi perkembangan partai Islam di dunia politik.

Dibalik jihad politiknya itu, KH Hilmi juga dinilai sebagai kiai yang telaten dan teliti dalam pendidikan, terutama dalam kaderisasi partai.

Anggota DPR dari fraksi PKS, Abdul Fikri Faqih, mengungkapkan almarhum KH. Hilmi dikenal sebagai "Syaikhut Tarbiyah" atau Ulama Pendidikan. Hilmi dikenal tak bosan menuangkan asupan ilmu agama kepada para kader PKS yang ditujukan agar menjadi rambu-rambu aktivitas berpolitik sehingga partai besutannya itu diperhitungkan di negeri ini.

"Ustadz Hilmi ini pencetak kader, maka dijuluki Syekhut tarbiyah. Bagi ummat, sosok Engkong ini adalah penggerak semangat juang sehingga semangat merealisasikan keyakinan ini jadi marak di semua kalangan," kata Fikri kepada TeropongSenayan, Jumat, 3 Juli 2020 lalu.


Teropong Juga:

> Sosok Almarhum Ustadz Hilmi Aminuddin Dimata Kader PKS, Seperti Apa?


Bagi Fikri, almarhum KH Hilmi juga merupakan sosok yang paripurna karena memiliki karakter ideal seperti tutur yang bermakna nasehat. Menurutnya, Hilmi selalu memberi nasehat bagi yang membutuhkan.

"Beliau itu penasehat yang sangat baik. Tak heran bila kita berkunjung ke kediaman beliau selalu tidak sepi tamu, baik perorangan maupun kelompok yang minta nasehat," kenangnya.

Kendati begitu, perihal dakwah mendiang Hilmi juga dikenal sebagai pribadi yang tegas. Fikri bertutur ia tak segan memberi peringatan keras jika dalam berdakwah didapati para kadernya bermental lemah saat menghadapi peristiwa yang dinilai amoral.

"Dahulu ketika kita takut menghadapi kebatilan yang meraja lela, maka beliau mencambuk kita agar tidak lemah menghadapi segala risiko dakwah (agar) menjadi kebaikan bersama," kata Wakil Ketua Komisi X DPR ini.

Abdul Fikri Faqih


Legislator dari Jawa Tengah ini mengatakan KH Hilmi merupakan ulama yang dermawan. Meski bukan seorang milyarder, namun ketika ada kendala materi yang melilit para kader dakwah begitupun masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan, Hilmi tak hanya mengandalkan kata-kata atau pun doa sebagai penawarnya, tapi ia juga ikut turun memberi bantuan.

"Bagi Indonesia, beliau ini aset bangsa yang mengajak kelompok yang ekstrim sekalipun, untuk mau menerima sistem demokrasi yang berlaku di negeri ini untuk berpartisipasi bersama membangun NKRI. Sehingga beliau lah yang membidani lahirnya PK yang kemudian menjadi PKS," kata Fikri.

tag: #kh-hilmi-aminuddin  #pks  #abdul-fikri-faqih  #komisi-x  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...