Oleh Alfin Pulungan pada hari Kamis, 09 Jul 2020 - 15:13:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Legislator Gerindra Ungkap Djoko Tjandra Bisa Masuk ke Indonesia Karena Red Notice Dicabut

tscom_news_photo_1594281269.jpg
Djoko Tjandra (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto mempertanyakan mengapa terpidana kasus korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra bisa masuk ke Indonesia tanpa terdeteksi oleh pihak berwenang hingga ia sendiri berhasil mengajukan Peninjauan Kembali (PK) kasusnya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni lalu.

Dari hasil pengamatannya, Djoko Tjandra bisa masuk ke Indonesia dan mengajukan PK sampai bisa memperpanjang paspor serta membuat data pribadi lainnya akibat red noticenya sudah di cabut oleh Interpol National Central Bureau (NCB) untuk Indonesia pada 13 Mei 2020.

Terhadap hal tersebut, Wihadi mempertanyakan pencabutan red notice Djoko Tjandra yang sudah buron sejak 2009 itu. "Yang harus kita dalami adalah atas permintaan siapa NCB itu mencabut red notice dan kenapa NCB mencabut red notice itu?," kata Wihadi kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Kamis, 9 Juli 2020.


Teropong Juga:

> Kerahkan Lima Institusi, Mahfud Perintahkan Tangkap Djoko Tjandra


Politikus Partai Gerindra ini menjelaskan red notice hanya bisa dicabut atas sepengetahuan Kejaksaan dan Pengadilan.

"Harus dipertanyakan kalau red notice dicabut oleh NCB, apakah ini sepengetahuan Jaksa, pengadilan? Karena status Djoko sudah terpidana. Ini lah yang mesti harus kita lihat pangkalnya," jelasnya.

Wihadi Wiyanto


Ia mengimbuhkan Komisi III DPR akan memanggil Polri untuk mempertanyakan masalah ini. "Kita juga akan pertanyakan kepada Polri masalah surat NCB yang mencabut red notice Djoko Tjandra," pungkasnya.

tag: #djoko-tjandra  #korupsi  #komisi-iii  #wihadi-wiyanto  #partai-gerindra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Jangan Meremehkan, Covid-19 Masih Berdampak Hingga Puluhan Tahun Mendatang 

Oleh Rihad
pada hari Kamis, 06 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tidak ada yang tahu kapan pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Indonesia bakal berakhir. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito  ...
Berita

Tak Terpengaruh Hubungan Orang Tuanya Masing-Masing, AHY-Puan Kompak Rajut Silaturahmi Politik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Usai silaturahmi dengan para anggota Fraksi DPR RI Partai Demokrat, Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melanjutkan silaturahmi kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, di ...