Oleh Rihad pada hari Minggu, 19 Jul 2020 - 16:27:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Keamanan Twitter Dipertanyakan Usai Diretas Anak-anak Muda 

tscom_news_photo_1595150875.jpg
twitter (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Peretas akun Twitter milik tokoh ternama dunia, Rabu (15/7), ternyata adalah anak-anak muda. Seperti dilaporkan New York Times, serangan siber, yang sedang diselidiki oleh Twitter dan polisi federal itu, dimulai dengan pesan lucu antara peretas di platform Discord, obrolan yang populer di antara para gamer.

New York Times mengatakan telah mewawancarai empat orang yang berpartisipasi dalam peretasan tersebut. "Wawancara menunjukkan bahwa serangan itu bukan hasil kerja satu negara, seperti Rusia, atau kelompok peretas yang canggih," lapor Times.

"Sebaliknya, serangan tersebut dilakukan oleh sekelompok anak muda --salah satunya mengatakan tinggal bersama ibunya -- yang berkenalan satu sama lain karena memiliki obsesi untuk memiliki nama pengguna yang tidak biasa, satu huruf atau satu angka, seperti @y atau @6."

Peretasan terjadi pada sejumlah pengguna ternama, mulai dari Elon Musk hingga kandidat presiden AS Joe Biden, yang menimbulkan pertanyaan tentang keamanan Twitter. "Sekitar 130 akun menjadi sasaran para penyerang sebagai bagian dari insiden itu," kata Twitter dalam sebuah cuitan.

"Untuk sebagian kecil dari akun ini, para penyerang bisa mendapatkan kendali atas akun tersebut dan kemudian mengirim cuitan dari akun itu."

Cuitan dari peretas mencoba menipu pengikut akun resmi Apple, Uber, Kanye West, Bill Gates, Barack Obama dan banyak lainnya pada Rabu (15/7), untuk mengirim mata uang digital bitcoin.

Twitter mengatakan serangan tersebut tampaknya merupakan "serangan rekayasa sosial terkoordinasi oleh orang-orang yang berhasil menargetkan sejumlah karyawan kami untuk akses ke sistem dan alat internal."

Upaya peretasan

Cuitan, yang sebagian besar telah dihapus, berisi permintaan untuk mengirim 1.000 dolar AS dalam bentuk bitcoin dan menjanjikan akan mengembalikan dua kali lipat sebagai balasannya.

Menurut Blockchain.com, yang memantau transaksi kripto, bitcoin senilai lebih dari 100.000 dolar AS telah dikirim ke alamat email yang disebutkan dalam cuitan.

Peretas muda yang diwawancarai Times mengatakan seorang pengguna misterius yang menggunakan nama "Kirk" memprakarsai skema tersebut dengan sebuah pesan dan merupakan orang yang memiliki akses ke akun Twitter.

Mereka mengaku hanya terlibat dalam peretasan akun Twitter yang kurang terkenal, utamanya hanya karena ingin mendapatkan username @ dengan satu huruf atau angka untuk dijual kembali.

Mereka kemudian mencoba berhenti menjadi perantara untuk "Kirk" ketika sejumlah akun ternama menjadi sasaran.

Menurut laporan Times, peretas yang terlibat dalam serangan terhadap Twitter menjual nama akun yang pendek di situs web OGusers.com, dengan meminta pembayaran dalam bentuk bitcoin.

tag: #twitter  #hack  #hacker  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...