Oleh Bachtiar pada hari Senin, 20 Jul 2020 - 21:12:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Sikapi Wacana Pembubaran OJK, Nasdem: Kembalikan ke Bank Sentral

tscom_news_photo_1595254364.jpeg
Donny Imam Priambodo Politikus NasDem (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Eks Anggota Komisi XI DPR RI Donny Imam Priambodo menyarankan agar pihak-pihak yang mewacanakan pembubaran lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat melakukan evaluasi komprehensif dan menyeluruh.

Hal tersebut disampaikan oleh Donny saat menanggapi usulan pembubaran OJK.

"Jika memang dengan adanya OJK lalu koordinasi masalah moneter terganggu, ya artinya secara SDM memang belum bisa dipisah dengan menggunakan dua otoritas yaitu institusi yang bertanggungjawab atas mikro dan makro prudential," kata Politikus Nasdem itu kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Selain itu, menurutnya,
jika pengawasan terhadap institusi keuangan bank atau non bank serta koordinasi dengan bank sentral lemah, juga lebih baik dikembalikan ke tempat semula saja.

"Dulu kan bagian dari BI, di spin off, jadi institusi sendiri, kembalikan lagi ke bank sentral, sehingga bisa satu atap lagi, koordinasi mudah, satu komando, kantor perwakilan sudah ada dimana-mana," ungkap Donny.

Donny meminta, jangan sampai dalam pengawasan masalah tersebut baru terdeteksi saat ini padahal analisa dan evaluasinya seharusnya sudah diberikan arahan sejak 2 atau 3 tahun lalu.

"Kalau informasi di sisi mikronya sudah salah, otomatis di sisi makro pasti terdampak," katanya.

Donny melanjutkan, agar sinkronisasi informasi juga ini berjalan bagus, maka pengembalian tugas dari OJK ke Bank Sentral semisal Bank Indonesia harus dilakukan.

"Supaya tidak terjadi lagi ego sektoral dan koordinasi macet di tengah," tegasnya.

tag: #ojk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement