Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Thursday, 23 Jul 2020 - 17:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Cegah Terjadinya Resesi, Wamendag Dukung Penuh Kinerja Tim Pemulihan Ekonomi

tscom_news_photo_1595496013.jpeg
Jerry Sambuaga (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi resmi membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi.

Kehadiran tim pemulihan ekomomi tersebut merupakan bentuk sebuah mitigasi di bidang kesehatan dan perekonomian secara beriringan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mendukung penuh pembentukan komite pemulihan ekonomi tersebut.

Menurutnya, tim ini akan mengefektifkan kerja pemerintah dalam melakukan mitigasi kesehatan dan ekonomi yang saat ini tengah dilakukan.

“Sejak semula kami di Kemendag sudah menjadi bagian integral dalam mitigasi ekonomi. Jadi sebenarnya ini tinggal meningkatkan kinerja, sinergi dan koordinasi saja. Dengan adanya Perpres itu system dan mekanisme kerja kita yang sudah baik akan menjadi semakin baik. Saya optimis itu," ujar Jerry, melalui keterangan yang diterima Teropong Senayan.com, Kamis (23/07/2020).

Jerry menilai kalau tugas pemulihan ekonomi sangat penting apalagi sudah ada banyak negara, termasuk Singapura yang memasuki masa resesi.

Jerry mengatakan kalau Indonesia memang harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mengantisipasi dampak yang lebih dalam dari Covid-19 untuk Di sektor perdagangan, Kemendag terus meningkatkan kinerja dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Ada beberapa fokus kita, baik itu di pasar rakyat, pasar modern, maupun perdagangan luar negeri, juga soal perjanjian internasional. Kita ingin memastikan semuanya bisa berjalan dengan baik dan lebih aman dari dampak penularan Covid-19," katanya.

Politisi Golkar ini menuturkan bahwa sejauh ini kinerja perdagangan cukup positif dan beberapa indikator tersebut di antaranya stabililitas harga barang, terutama pangan.

"Sampai saat ini tidak ada gejolak harga yang begitu tajam dan berlarut-larut. Mungkin catatan kita yang utama kemarin adalah soal gula. Tapi syukur kita bisa mengatasinya," tuturnya.

Wakil Menteri milenial itu memaparkan kalau jajaran Kemendag mengikuti arahan Presiden agar bertindak di luar kebiasaan (extra ordinary).

Meski berdampak negatif, menurut Jerry, pandemi Covid-19 membawa berkah tersembunyi. Kini, banyak pelaku usaha yang mendorong bisnisnya ke dunia internet.

"Kemendag sedang menggodok upaya digitalisasi pasar. Tentu ini bukan hanya soal sistem pembayaran tetapi juga berkaitan dengan sistem perdagangan secara keseluruhan seperti pada aspek logistik, data produk, perilaku konsumen dan sebagainya. Pandemi ini justru bisa menjadi katalisator untuk mempercepat proses itu," paparnya.

tag: #kementerian-perdagangan  #corona  #pemulihan-ekonomi  #jerry-sambuaga  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Irma Suryani: Pilkada 2020 Tak Perlu Ditunda

Oleh Sahlan Ake
pada hari Monday, 21 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pokitikus Nasdem non aktif Irma Suryani Chaniago sependapat dengan sebagian kalangan bahwa Pilkada serentak di 270 daerah pada 9 Desember 2020 tidak perlu ditunda. Hal ...
Berita

Temuan Beras Plastik pada BPNT di Cianjur, Bukhori Usulkan BPNT dalam Bentuk Tunai

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf meminta Kemensos untuk segera mengklarifikasi serta mengevaluasi pola dan mekanisme distribusi beras bansos Bantuan Pangan Non ...