Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 05 Agu 2020 - 21:04:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Tanggapi Klaim Hadi Pranoto, DPR: Menyesatkan Publik

tscom_news_photo_1596636242.jpg
Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil) Politikus PDIP (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari FPDIP Muchamad Nabil Haroen beraharap agar Pemerintah dan aparat keamanan dapat memberikan teguran, dan punishment atas penyesatan informasi publik yang dilakukan oleh Anji dan Hadi Pranoto beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan Gus Nabil sapaanya saat menanggapi pernyataan Hadi Pranoto yang mengklaim sebagai Profesor ahli mikrobiologi serta soal obat anti Corona dalam video di channel YouTube Anji.

Hadi mengklaim telah menemukan antibodi COVID-19 sebagai "obat" yang bisa menyembuhkan dan mencegah COVID-19.

Hadi Pranoto juga mengatakan swab test untuk virus Corona bisa seharga Rp 10-20 ribu. Dalam video itu, Anji juga menyapa Hadi Pranoto sebagai "Dok".

"Hadi Pranoto telah menyesatkan publik, dan dampaknya besar. Pihak musisi Anji, yang memberi ruang/channel youtube juga harus diberi teguran dan bahkan hukuman, jika terbukti melanggar hukum, merugikan negara dalam penyesatan informasi," ujar Anggota Komisi IX DPR RI itu, Rabu (5/8/2020).

Tak hanya itu, Gus Nabil berharap, perlu terus menerus mengkampanyekan literasi digital, sekaligus membangun kesadaran warga dalam konteks ini.

"Program-program pemerintah bisa diarahkan ke ruang itu, dengan lebih intensif. Bentuknya, bisa menggandeng komunitas-komunitas warga untuk membangun literasi digital dalam lingkaran kecil, tapi berdampak massif," tegas Gus Nabil.

Gus Nabil melanjutkan, warga yang sadar literasi digital, harus speak up. Tidak hanya itu, warga juga harus berani bicara, gunakan media sosial untuk berbagi inspirasi, sekaligus juga membentengi informasi- informasi negatif, atau berbagai macam hoax.

"Ada hal menarik, yakni gerakan massif untuk memberi "jempol ke bawah", sebagai bentuk kritikan, atas informasi-informasi hoax yang beredar di ruang sirkulasi digital kita," tandas Gus Nabil.

tag: #hadi-pranoto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement