Oleh Alfin Pulungan pada hari Rabu, 26 Agu 2020 - 05:40:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Demokrasi di Dunia Kampus Semakin Melemah

tscom_news_photo_1598375223.jpeg
Ilustrasi melemahnya demokrasi kampus (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua AdvokasiYayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Era Purnamasari mencatat, sejumlah universitas di Indonesia menunjukkan tanda-tanda semakin melemahnya demokrasi di dunia kampus. Menurutnya, beberapa kampus menerapkan cara represif dalam menyelesaikan persoalan kemahasiswaan.

"Ada fakta-fakta seperti itu yang terjadi di beberapa kampus. Misalnya universitas di Ternate yang mahasiswanya di- drop out (DO). Pertimbangan (DO) adalah surat kepolisian," kata Era dalam sebuah diskusi, Selasa, 25 Agustus 2020.

Era menuturkan, selama ini YLBHI belum pernah mencatat ada universitas di Indonesia yang bertindak dengan cara demikian. "Saya melacak, ada enggak sih kasus-kasus yang orang di-DO karena surat polisi. Selama ini itu enggak ada terjadi," tuturnya.

Era menerangkan, hal yang biasa terjadi adalah universitas menyelesaikan persoalan kemahasiswaan secara demokratis, bukan represif.

Era Purnamasari


Ia kembali mencontohkan kampus yang menerapkan cara represif kepada mahasiswanya, yakni Universitas Nasional (Unas) yang mengeluarkan mahasiswanya karena mengikuti aksi demonstrasi.

"Kita perlu bertanya, ada apa? Kenapa alam kampus yang seharusnya menjadi alam yang paling demokratis justru menjadi alam yang paling represif hari ini?" ujarnya mempertanyakan.

"Akhir-akhir ini, hal-hal yang menurut kita tik mungkin terjadi, ternyata mungkin terjadi. Itu perlu menjadi bahan renungan kita bersama," imbuh Era.

Contoh lainnya, kata Era, adalah kasus grup WhatsApp yang berujung dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Saiful Mahdi yang divonis tiga Bulan penjara merupakan salah satu bentuk tidak demokratisnya kampus.

tag: #demokrasi  #kampus  #ylbhi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa x Teropong Senayan : Qurban
advertisement
TS.com Vacancy: Marketing
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Lainnya
Berita

Bagi Yang Masih Bingung, Inilah Pedoman Pengenaan Pasal Karet di UU ITE

Oleh Rihad
pada hari Wednesday, 23 Jun 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah telah menerbitkan pedoman implementasi pasal tertentu dalam Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dikenal sebagai pasal ...
Berita

Soal Wacana Revisi PP 109/2012, Kementan Berharap Kementerian Terkait Mempertimbangkan Kembali

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Pertanian menyatakan wacana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau ...