Oleh Alfin Pulungan pada hari Jumat, 28 Agu 2020 - 21:21:27 WIB
Bagikan Berita ini :

BPIP Sosialisasikan SiPendekar Pancasila, Ini Penjelasannya

tscom_news_photo_1598624426.jpg
Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Dr. Rima Agristina, memberikan sosialisasi aplikasi berbasis website SiPendekar Pancasila (Sumber foto : Humas BPIP)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mensosialisasikan aplikasi berbasis website yaitu SiPendekar Pancasila di lingkungan internal. SiPendekar merupakan kepanjangan dari Aplikasi Pengendalian dan Evaluasi Kegiatan Reguler Pembinaan Ideologi Pancasila.

Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Dr. Rima Agristina mengatakan aplikasi tersebut bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap Kedeputian di lingkungan internal BPIP.

“Tugas Badan pembinaan Ideologi Pancasila tidak sederhana, BPIP tidak hanya harus berbicara tentang Pancasila dalam tindakan pada hari ini, tapi juga harus berbicara untuk Pancasila hari esok dan masa depan Indonesia," kata Rima saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis SiPendekar Pancasila di Jakarta, jumat (28/8).

Rima berharap aplikasi ini dapat menjadi sarana mengintegrasikan informasi secara reguler di lingkungan BPIP, agar dapat melaksanakan program dan kegiatan ke depan yang lebih dirasakan dampak manfaatnya oleh seluruh pemangku kepentingan, khususnya masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut Rima Agristina berharap nantinya seluruh kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh BPIP bisa digunakan oleh peserta program/kegiatan dari BPIP sehingga terjadi sinergi dalam melaksanakan Pancasila dalam Tindakan.

“Aplikasi SiPendekar Pancasila bertujuan untuk mengendalikan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan regular pembinaan ideologi Pancasila yang dilaksanakan oleh kedeputian di lingkungan BPIP melalui pengumpulan data dan informasi kegiatan berbasis elektronik,” kata Rima.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengendalian Kedeputian bidang Pengendalian dan Evaluasi, Mukhammad Fahrurozi menuturkan bahwa tujuan dibuatnya aplikasi ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kinerja BPIP.

“Aplikasi ini memudahkan kita untuk menyimpan dan mengarsipkan seluruh kegiatan yang diselenggarakan BPIP. Selain itu, memudahkan pimpinan untuk memantau perkembangan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPIP,” kata Fahrurozi.

Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis diikuti oleh seluruh utusan masing-masing unit di lingkungan internal BPIP yang nantinya akan menjadi operator di unit masing-masing Kedeputian dalam menginput program kegiatan yang akan dilaksanakan.
Sementara itu, Kasubdit Pengendalian II, Riswan menjelaskan mekanisme penggunaan aplikasi SiPendekar kepada para perwakilan dari Kedeputian dan Direktorat di lingkungan internal BPIP.

“Aplikasi ini juga bisa di akses melalui android. Operator disetiap direktorat diharapkan menginput setiap kegiatan. Pada aplikasi ini terdapat beberapa menu inputan antara lain prioritas kegiatan, lokasi, sumber anggaran dan waktu pelaksanaan, data tersebut akan termonitor,” ujar Riswan.

Sosialisasi dan Bimbingan teknis SiPendekar di ikuti oleh 50 peserta internal BPIP dengan narasumber Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol covid 19 yaitu menggunakan masker serta jaga jarak.

tag: #pancasila  #aplikasi-sipendekar  #bpip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement