Oleh Givary Apriman pada hari Senin, 31 Agu 2020 - 18:55:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadli Zon : Hadirnya KAMI Membawa Hawa Segar Bagi Demokrasi yang Makin Sumpek

tscom_news_photo_1598870727.JPG
Deklarasi KAMI beberapa waktu lalu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota DPR RI Fadli Zon turut angkat bicara mengenai kemunculan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang menuai polemik.

Fadli Zon mengatakan kalau kehadiran KAMI justru dapat memberikan hawa segar untuk demokrasi Indonesia dan juga sebagai suatu hal yang positif dalam praktik demokrasi di Nusantara.

"Saya melihat kemunculan kelompok oposan di luar parlemen seperti KAMI ini merupakan hawa segar bagi "demokrasi" yang makin sumpek," kata Fadli melalui keteranganya, Senin (31/08/2020).

Fadli Zon menjelaskan kalau KAMI merupakan bagian dari civil society yang meneruskan kegelisahan masyarakat dan bagaimanapun, kekuasaan butuh diawasi dan dikritik.

Menurutnya, peran KAMI sama halnya seperti lembaga resmi pemerintahan seperti parlemen dan pers untuk mengawal jalannya sebuah roda pemerintahan.

"Kemunculan KAMI menunjukkan ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam fungsi parlemen, partai politik, pers dan institusi-institusi pilar demokrasi lainnya," ungkapnya.

Menurutnya, jika parlemen dan partai politik menjalankan fungsinya dengan baik, peka terhadap aspirasi masyarakat dan melaksanakan fungsi "check and balaces" terhadap kekuaaan, maka gerakan seperti KAMI tak akan muncul.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) tersebut juga menilai, tuntutan yang disuarakan KAMI tidak ada yang menyimpang dari koridor hukum dan demokrasi.

Salah satunya meminta penyelenggara negara, khususnya pemerintah, DPR, DPD, dan MPR agar tidak menyimpang dari jiwa Pembukaan UUD 1945, yang di dalamnya terdapat Pancasila.

"Sebagai anggota @DPR_RI, saya justru berterima kasih karena ada yg mengingatkan untuk apa dan siapa sebenarnya kita harus bersuara di parlemen," tutupnya.

tag: #kami  #fadli-zon  #dpr  #demokrasi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...