Zoom
Oleh Ilyas pada hari Rabu, 03 Jun 2015 - 14:06:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Politik Gentong Babi Disebut Pernah Dilakukan SBY

81sby.jpg
SBY (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2015, wacana politik gentong babi kembali muncul ke permukaan. Politik gentong babi ini dianggap tepat untuk mengambarkan beberapa praktik politisi, terutama sebelum pelaksanaan Pilpres atau Pilkada.

Dalam konteks Pilkada, seperti ditemukan Susan Stoke pada 2007 disebutkan politik gentong babi adalah usaha calon petahana (incumbent) untuk mempertahankan kekuasaannya dengan membuat kebijakan-kebijakan yang populis. Dalam praktiknya, politik uang digunakan secara legal melalui kebijakan populis tersebut.

Budi Kurniawan, Kepala Laboratorium Politik Lokal dan Otonomi Daerah Universitas Lampung, baru-baru ini menyebutkan bahwa praktik politik gentong babi ini pernah dilakukan pemerintahan SBY menjelang Pemilu 2009. Pada saat 2008, popularitas SBY turun menurut beberapa lembaga survei karena kebijakannya menaikkan harga BBM.

Namun, pada 2009, SBY mengeluarkan kebijakan bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kebijakan kompensasi kenaikan harga BBM.

“Meskipun anehnya kebijakan ini dilakukan jelang Pemilu 2009 di saat harga minyak dunia turun. Kebijakan BLT inilah disinyalir beberapa studi sebagai bentuk nyata politik gentong babi di Indonesia. Dengan adanya BLT, popularitas SBY pun kembali naik setelah sebelumnya sempat disalip Megawati di tahun 2008,” ujarnya.

“Politik gentong babi ini juga terjadi di level lokal. Banyak anggaran publik dihabiskan oleh petahana untuk hal-hal yang sifatnya populis, tetapi tidak tepat sasaran dan cenderung pemborosan anggaran yang tidak produktif.”

tag: #sby  #politik gentong babi  #gentong babi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...