Oleh Rihad pada hari Minggu, 08 Nov 2020 - 23:48:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Keluarga Kemala Harris Sangat Bangga dan Siap Saksikan Pelantikan

tscom_news_photo_1604854119.jpeg
Kemala Harris (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Keluarga Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris di India berencana bertolak ke Amerika untuk menghadiri pelantikan Harris. "Saya sangat bangga pada Kamala, saya akan telepon dan memberinya selamat segera. Telepon saya tidak berhenti berdering sejak berita ini muncul," ujar Gopalan Balachandran (80 tahun), paman langsung Kamala, dikutip dari Indian Express, Ahad (8/11).

Balachandran mengatakan, ia dan keluarganya akan terbang dari India pada Januari untuk hadir di acara pelantikan. "Anak saya sudah di sana, membantu Kamala untuk kampanyenya. Semua akan terbang ke sana, saya tidak akan melewatkannya."

Balachandran, adalah warga Malviya Nagar di New Delhi. Ia adalah saudara laki-laki ibu Harris, Shyamala Gopalan.

Ia mengetahui kabar kemenangan, saat saudara Harris, Maya, mencicit di Twitter pada pukul 10.00 pagi. "OMG, ini akan terjadi ... Wakil Presiden kita berikutnya, Madam Wakil Presiden yang pertama ... Saudara saya @KamalaHarris!"

Selama empat hari terakhir, Balachandran terpaku di layar televisinya. Pada hari Jumat ia merasa lebih baik melakukan proyeksinya sendiri daripada melihat televisi. Ia yang pernah bekerja di Institute for Defence Studies and Analyses mengatakan keyakinannya kalau Harris akan menang.

"Ibunya Kamala pasti akan sangat bangga jika ia masih ada hari ini," katanya. Ibu Harris pindah ke Amerika di usia 19 tahun untuk sekolah dan meninggal akibat kanker di 2009.

Sang paman mengingat perilaku Harris kecil. Katanya, Harris kecil sangat terinspirasi dari Shyamala, atau ibunya. Sang ibu kadang ikut aksi protes hak sipil di masa mudanya. Harris disebutnya tumbuh sebagai seorang yang percaya keadilan hak untuk semua orang.

"Dalam jangka panjang, saya yakin ia akan mengambil langkah menjamin hak tersebut di negaranya," kata Balachandran.

Balachandran terakhir bertemu Harris di Washington tahun lalu. Ia mengatakan putrinya Sharada sangat dekat dengan Harris.

Ayah Balachandran, P V Gopalan, merupakan seorang PNS. Ia juga sosok dominan di kehidupan kecil Harris. "Kamala itu banyak penasaran atau ingin tahu dan ayah saya selalu menjawab semua mengapa dan kenapa Kamala. Keduanya sering berjalan-jalan lama saat Kamala sedang di India," katanya.

Dibesarkan Ibu

Harris merupakan putri imigran dari Jamaika dan India. Dia merupakan keturunan Asia Selatan dari garis ibunya yang berasal dari suku India Tamil. Sementara itu, ayahnya berasal dari Jamaika.

Orangtuanya berpisah ketika dia berusia sekitar lima tahun. Ibunya membesarkan Harris dan adik perempuannya, Maya yang menjadi pengacara dan penasihat Hillary Clinton dalam kampanye presiden 2016.

Mantan Jaksa Agung negara bagian California yang menjadi populer di kalangan aktivis liberal itu sering mengajukan pertanyaan kerasnya terhadap para pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump.

Sebagai salah satu pengkritik pertama terhadap kebijakan imigrasi Trump, Harris mendorong keras kesepakatan untuk melindungi para imigran yang datang ke negara itu dari tindakan deportasi.

Harris membuat sejarah pada tahun 2016 ketika dia menjadi wanita kulit berwarna pertama yang terpilih menjadi anggota Senat AS dari California, tanah kelahirannya.

Dia termasuk politisi yang menolak keras "politik identitas". Menurutnya, istilah tersebut penghinaan untuk meminggirkan masalah ras, gender dan orientasi seksual.

Dia juga termasuk di antara segelintir kalangan Demokrat yang secara agresif mempersoalkan masalah kemungkinan campur tangan Rusia dalam Pemilu 2016.

Sementara itu, di Senat, Harris memperkenalkan undang-undang untuk memberi keluarga berpenghasilan rendah pembayaran tunai dan kredit pajak untuk membantu memerangi stagnasi upah dan kenaikan biaya perumahan. Dia juga menjadi pendukung kuat reformasi peradilan pidana.

tag: #amerika-serikat  #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement