Oleh Givary Apriman pada hari Rabu, 02 Des 2020 - 17:44:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Himbara Belum Turunkan Suku Bunga Meski BI7DRR Sudah Turun Ke Angka 3,75%, Ini Kata DPR

tscom_news_photo_1606905835.JPG
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung turut angkat bicara mengenai Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) yang belum menurunkan suku bunga meski BI-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sudah turun ke angka 3,75%.

Martin mengatakan Himbara belum menurunkan suku bunganya karena memang kondisi yang terjadi saat ini akibat dampak pandemi Covid-19.

Pasalnya, situasi saat ini memang tengah serba sulit ditambah Bank-Bank BUMN sedang melakukan restrukturisasi kredit.

"Memang situasinya lg serba sulit, karena bank-bank BUMN jg sedang merestrukturisasi kredit akibat dampak Covid-19," kata Martin saat dihubungi Teropongsenayan.com, Rabu (02/12/2020).

Politisi Partai Nasdem tersebut juga menyatakan dengan melihat kondisi saat ini tanpa menurunkan suku bunga banyak pinjaman yang tidak dibebankan pembayaran.

"Jadi sebenarnya tanpa menurunkan suku bunga pun, banyak pinjaman yg sudah tidak dibebankan pembayaran bunga atau diberikan penangguhan," tandasnya.

Sebelumnya, pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 18-19 November 2020, BI memutuskan untuk menurunkan BI-7day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps dari 4,00% menjadi 3,75%.

Sejalan dengan itu, bank sentral juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 3,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 4,50%.

"Keputusan ini mempertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, beberapa waktu lalu.

tag: #martin-manurung  #komisi-vi-dpr  #dpr  #nasdem  #suku-bunga  #covid-19  #bank-himbara  #bank-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...