Oleh windarto pada hari Rabu, 23 Des 2020 - 05:52:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Pelaku Usaha Optimis dengan Wajah Baru Kabinet Indonesia Maju

tscom_news_photo_1608675265.jpg
Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Setelah sekian lama ditunggu-tunggu oleh para pelaku usaha, akhirnya Presiden Joko Widodo jadi melakukan resufle Kabinet Indonesia Maju.

Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, resufle kabinet ini kebutuhan yang mendesak. Pasalnya selain untuk mengisi 2 kursi Menteri yang kosong akibat terjerat kasus korupsi,juga untuk penyegaran menghadapi tantangan ekonomi tahun 2021 yang kian menantang.

“Kami mengapresiasi, dari 6 wajah baru yang masuk Kabinet Indonesia Maju, 4 diantaranya berlatar belakang profesional yang diharapkan mampu menggairahkan pasar ekonomi sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ujar Sarman.

Keempat sosok tersebut antara lain: Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi,Mantan Kepala BKPM/Menteri Perdagangan dan saat ini Dubes di Amerika sangat tepat dan mumpuni karena memiliki pengalaman bisnis dan jaringan internasional. Ketika menjabat Menteri Perdagangan era SBY mampu mengendalikan harga pokok pangan disaat lebaran. Diharapkan Mendag M.Lutfi dapat meningkatkan pasar ekspor,meningkatkan pemakaian produk dalam negeri,bersama Kementerian Pertanian mengendalikan harga pokok pangan,mengurangi ketergantungan impor dan pelayanan izin ekspor dan impor yang lebih baik serta revitalisasi pasar rakyat.

Kemudian Sandiaga S Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seorang pengusaha muda sukses,Mantan Wagub DKI Jakarta dan calon Wakil Presiden diharapkan mampu menyusun strategi industri pariwisata ditengah pandemi dan paska pandemi ke depan sehingga arus wisatawan asing ke depan dapat mencapai target untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata.Tak lupa juga mengangkat UMKM dari sisi industri kreatif. Selama ini Sandiaga S Uno melalui OK OCE sudah banyak melakukan program industri kreatif,ini menjadi peluang untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga berlatar belakang pengusaha,pernah menjadi Dirut Inalum,Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN, diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan strategi mengendalikan pandemi covid 19. Termasuk Program vaksinasi yang akan dimulai tahun depan sangat strategis,harus dipersiapkan secara cermat dan profesional dengan koordinasi lintas kementerian dan Pemerintah Daerah sehingga mampu mematikan dan penularan Covid 19 dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Satu lagi sosok Wahyu Sakti Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan publik khususnya berbagai kebijakan dan regulasi yang dipandang merugikan nelayan. Sektor Kelautan dan Perikanan harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berkontribusi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Dua Menteri lainnya yaitu Tri Rismaharini dan Yahya Cholil Staquf,masyarakat berharap besar dapat melakukan gebrakan baru memberikan pelayanan dan bantuan sosial yang adil serta kebijakan berbagai pelayanan keagamaan & kerukunan umat beragama.

Sarman menambahkan, singkatnya dunia usahamengapresiasiresufle kali ini yang menempatkan menteri dari kalangan Profesional yang pada akhirnya direspon sangat positif oleh pasar. Terutama karena figur-figur menteri ini sudah dikenal pasar dan pelaku usaha sehingga memiliki rasa optimisme untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Tantangan ekonomi kita tahun depan sangat berat dengan angka pertumbuhan ekonomi yang masih minus tentu dibutuhkan strategi jitu untuk memulihkannya.

“Dengan wajah baru di Kabinet Indonesia Maju diharapkan mampu berkolaborasi dengan Kementerian terkait untuk menyusun berbagai program baik dari sisi kebijakan dan regulasi serta terobosan dan strategi menghadapi pandemi covid 19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan pertumbuhan yang positif. Selamat bekerja para Menteri baru,” tandas Sarman.

tag: #jokowi  #reshuffle-kabinet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement