Oleh Ariful Hakim pada hari Selasa, 02 Feb 2021 - 18:04:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Saat Anies Baswedan Lihat Jenazah Covid-19

tscom_news_photo_1612263864.jpg
Anies Kunjungi Rumah Sakit (Sumber foto : Prov. DKI Jakarta)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)—Sepekan terakhir, Anies Baswedan rajin blusukan ke beberapa rumah sakit rujukan Covid-19. Ia ingin memastikan fasilitas kesehatan DKI siap menghadapi lonjakan pasien Covid-19.

Anies membagikan kunjungannya ke rumah sakit rujukandi akun instagramnya @aniesbaswesan. Senin malam, 1 Februari 2021, Anies mengunjungi RSUD Jati Padang.

"RSUD tipe D milik Provinsi DKI Jakarta yang kini dikhususkan seluruhnya untuk merawat pasien COVID-19," tulis Anies di akun instagramnya pada Selasa, 2 Februari 2021.

RSUD Jati Padang memiliki 7 ICU, dan 56 tempat tidur isolasi. RSUD ini juga memiliki ruang perawatan khusus anak dan ibu hamil yang positif Covid-19. Di sana, Anies mendapatkan keterangan bahwa seluruh tenaga kesehatan telah mendapatkan penyuntikan vaksin Covid-19.

"Sebagian dari mereka adalah tenaga kesehatan profesional dari berbagai daerah di Indonesia yang kami rekrut sejak tahun lalu."

Selain Rumah Sakit Jati Padang, Anies telah mengunjungi rumah sakit rujukan lainnya. Di RSUD Cengkareng misalnya, Anies menyaksikan jenazah korban Covid-19 telah tertutup kain di tempat tidur perawatannya.

"Pasien itu baru saja ditutup kain putih. Ikhtiar manusia berhenti di situ. Semua alat dilepas, Ia telah jadi jenazah. Kematian dalam kesendirian, tanpa ada keluarga di sampingnya," tulis Anies pada 24 Januari 2020.

Selain itu, Anies juga membagikan kunjungannya ke RSKD Duren Sawit pada 29 Januari 2021. RSKD Duren Sawit adalah salah satu rumah sakit milik Provinsi DKI Jakarta yang dikonversi menjadi RS rujukan Covid-19 sejak Maret tahun lalu.

Awalnya rumah sakit kelas A ini khusus melayani kesehatan jiwa dan penyalahgunaan narkoba, tahun lalu baru saja tuntas pembangunan gedung barunya.

"Alhamdulillah, dengan pengalihfungsian RSKD Duren Sawit, kita mendapat tambahan kapasitas perawatan Covid-19 hingga 200 tempat tidur isolasi," ujarnya.

“Dari RSKD Duren Sawit ini juga kita mendapat tambahan kapasitas testing mobile lab PCR dengan kapasitas hingga 200 spesimen per hari. Kemampuan 3T (testing, tracing, treatment) RSKD Duren Sawit didukung sistem informasi manajemen rumah sakit yang mumpuni,”kata Anies.

Berikutnya Anies mengunjungi RSUD Kramat Jati pada 30 Januari 2021. RSUD Kramat Jati dulunya adalah puskesmas, lalu naik kelas menjadi RSUD tipe D, selesai direnovasi pada akhir 2018.

Menurut Anies, saat ini sudah 63 persen kapasitas RSUD milik Provinsi DKI dikonversi menjadi penanganan khusus Covid-19. Ia akan dorong terus dan juga berkolaborasi dengan RS swasta untuk konversi lebih banyak kapasitasnya untuk penanganan Covid-19.

“Sementara itu kapasitas testing kita juga terus meningkat hingga 135.000 orang per minggu (12x standard WHO), dengan 85 persen tes di Jakarta adalah kepada orangsuspect, probabledancontact tracing. Peningkatan kapasitas testing juga diiringi dengan peningkatan tenaga contact tracing, tahun lalu kita telah merekrut 1545 tenagacontact tracing," pungkas Anies Baswedan.

tag: #anies-baswedan  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...