Oleh Aswan pada hari Senin, 13 Des 2021 - 16:51:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilpres 2024 Diprediksi Bakal diikuti Banyak Pasangan Calon

tscom_news_photo_1639389096.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS memprediksi ada kemungkinan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 akan diikuti 9 pasangan calon.

Prediksi tersebut berkaitan dengan gebrakan dari ahli hukum tata negara Refly Harun, yang saat ini sedang melakukan gugatan ke MK mengenai presidential threshold.

Sebelumnya, pada 2020, Rizal Ramli melalui kuasa hukumnya, Refly Harun juga mengajukan hal serupa dan ditolak.

Namun, Fernando memprediksi bahwa tahun ini akan berbeda dari sebelumnya.

"Saya memperkirakan gugatan Refly Harun kali ini tidak akan gagal total," kata Fernando kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Fernando lantas menyoroti keputusan MK mengenai verifikasi partai politik yang diajukan Partai Garuda.

Pasalnya, Partai Garuda yang meminta peserta Pemilu 2019 tak perlu lagi melakukan verifikasi jika ingin ikut lagi ke 2024, akhirnya mendapatkan jalan tengah.

Khusus peserta yang lolos ketentuan parliamentary threshold, maka ia hanya perlu mengikuti verifikasi administrasi saja tanpa verifikasi faktual.

"Kemungkinan hakim MK juga akan mengambil jalan tengah atas gugatan Refly Harun kali ini," katanya.

Jalan tengah yang dimaksud adalah semua partai politik yang memenuhi ketentuan parliamentary treshold pada Pemilu 2019 atau memiliki kursi di DPR RI berhak mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Apabila keputusan itu yang akan diambil oleh hakim MK, pada pemilu 2024 akan ada 9 pasangan capres dan cawapres," ujar Fernando.

Terkait hal ini, Fernando pun menyarankan kepada para tokoh yang ingin ikut Pilpres 2024 untuk segera merapat ke partai politik yang memiliki kursi DPR RI saat ini.

tag: #pemilu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...