Zoom
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 23 Jun 2015 - 12:36:17 WIB
Bagikan Berita ini :

'Ada Agen Ganda di Balik Proyek Telin 3 di Jurong yang Digarap Menteri BUMN'

99Telkom-Indonesia-Kembangkan-e-Government-Bersama-Singtel.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ada yang janggal dalam klarifikasi Menteri BUMN & Direksi Telkom terhadap Pembangunan Pusat Data Telin Singapore Data Center and Telecommunication Hub (Telin 3) dan Kerjasama e-goverment Telkom dengan Singtel yg berbeda jauh dengan statemen mereka di awal Juni 2015.

"Bak paduan suara mereka ralat pernyataan bahwa Pembangunan Pusat Data Telin 3 tak ada hubungannya dengan Indonesia apalagi dengan pengembangan kerjasama peningkatan pelayanan e-Government," kata Direktur Indonesia Club Gigih Guntoro saat dihubungi TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Gigih mempertanyakan, jika tak ada hubungan dengan Indonesia, mengapa otoritas Singapura memenangkan Telin menggarap pembangunan Pusat Data di Jurong dengan kapasitas 20 ribu untuk menyasar kelas premium perusahaan yang ada di Singapura dan global? Padahal kata dia, dari segi SDM dan teknologi, banyak perusahaan Singapura yang memiliki kapasitas jauh lebih maju daripada Telin.

"Mengapa otoritas Singapura lebih percaya Telin yg baru berkiprah 2007 untuk mengelola pusat data?" katanya, mempertanyakan.

Ia menjelaskan bahwa kepentingan pragmatisme Menteri BUMN dan petinggi Telkom sejalan dengan akal bulus Singapura menguasai pasar teknologi informasi di Indonesia. Diduga kuat Telin diberi projek pembangunan pusat data di Jurong, dengan imbal baliknya SingTel menggarap proyek peningkatan pelayanan e-Goverment di Indonesia. "Tentu kedua proyek besar ini adalah langkah strategis memuluskan jalan bagi Singapura menguasai bisnis teknologi informasi dan memangsa Telkom secara perlahan," ujarnya.

Dijelaskan, Singapura sangat berambisi menguasai teknologi Informasi di kawasan. Penguasaan ini sangat strategis saat pemberlakuan MEA yang mengkoneksi seluruh negara ASEAN, sekaligus sebagai pusat terminal lalulintas informasi.

"Walaupun demikian, pernyataan Direksi Telkom, bahwa kerjasama Telkom-SingTel dan pembangunan pusat data Telin 3 tak ada hubungannya dengan e-goverment di Indonesia, harus dikawal DPR dalam bentuk aturan tertulis," tegas dia. (iy)

tag: #telkom  #singtel  #singapura  #indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...