Zoom
Oleh Ilyas pada hari Selasa, 30 Jun 2015 - 20:37:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Sejak Januari 2014, Pekerja Cina Masuk Indonesia 41.365 Orang

98Pekerja-asal-China.jpg
Pekerja asal Cina (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebanyak 41.365 orang tenaga kerja asal Cina berhasil melenggang masuk Indonesia. Mereka bekerja di beberapa sektor seperti perdagangan dan jasa, industri, dan pertanian.

Demikian diungkapkan Menteri Tenaga Kerja Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri menanggapi isu eksodus pekerja Cina ke Indonesia, Selasa (30/6/2015). Namun jumlah yang sudah mendapatkan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) tersebut diakuinya berangsur-angsur terus berkurang, bahkan tersisa sekitar 12 ribuan.

"Tenaga kerja asing asal China saat ini masih stay di Indonesia hanya sebesar 12.837," kata Hanif.

Hanif juga membantah bahwa tenaga kerja asing tersebut untuk menggeser pekerja dalam negeri. Diakuinya, penggunaan pekerja asing hanya dalam beberapa proyek, karena hal tersebut merupakan bagian dari kesepakatan kontrak.

"Untuk TKA kami tetap mensyaratkan ada standar kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat. Jika tidak memiliki sertifikat mereka harus membuktikan punya pengalaman kerja selama lima tahun dalam bidang yang diajukan. Tanpa itu tidak bisa masuk," tegasnya.

tag: #pekerja cina  #tenaga kerja  #cina  #tiongkok  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...