Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 02 Jul 2015 - 12:03:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Tenaga Kerja Cina Membludak, Okky: Menaker Harus Tambah Tim Pengawas

75pekerja-cina.jpg
Pekerja asal Cina (Ilustrasi) (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP, Okky Asokawati mendesak Menaker Hanif Dhakiri menambah tim pengawas terkait tenaga kerja asal Cina yang membludak di wilayah Banten.

Pasalnya tenaga kerja asal Cina yang jumlahnya 799 orang yang bekerja di pabrik semen Merah Putih di Kecamatan Bayah, tidak mungkin hanya diawasi puluhan tim pengawas.

"Tim pengawas itu harus ditambah, mereka ini kan kontrak kerjanya hanya enam bulan. Yang sudah-sudah bila kontraknya sudah habis mereka tetap bekerja," kata Okky kepada TeropongSenayan di gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Kamis (2/7/2015).

Mantan peragawati ini pun menyarankan bila kontrak tenaga kerja asal Cina ini sudah habis. Maka tim pengawas harus segera menggandeng tenaga kerja dalam negeri, untuk menghindari konflik sosial.

"Tim pengawas itu harus tegas, karena kalau sudah ada hukum rimba sangat bahaya," tandasnya.

Selain itu Okky juga meminta masyarakat berperan serta dalam mengawasi para pekerja asal Cina tersebut. Bila menemukan ada hal yang berseberangan dengan Undang-Undang ataupun adat-istiadat, maka harus dilaporkan kepada tim pengawas.

"Nanti para masyarakat ini bisa melapor ke RT dan RW, dan nanti bisa langsung disampaikan kepada Lurahnya, untuk ditindaklanjuti ke tim pengawas. Karena saya pas waktu ke Tiongkok masyarakat disana ludah sembarangan direstoran. Jadi para pekerja ini harus ikuti semua aturan yang ada di Indonesia," jelasnya. (iy)

tag: #tenaga kerja asal cina  #tenaga kerja  #tiongkok  #cina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...