Zoom
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 23 Jul 2015 - 12:54:36 WIB
Bagikan Berita ini :

‘Tidak Ada Agama yang Paling Toleran Selain Islam’

44untitled.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Penyerangan dan pembakaran mushala di Tolikara Papua pada Jumat (17/7/2015) terus menuai reaksi. Apalagi pembakaran mushala tersebut dilakukan di saat umat Islam melakukan shalat Idul Fitri 1436 H.

Kini beberapa hari setelah peristiwa itu, muncul berbagai isu. Di antaranya adalah adanya peraturan daerah (Perda) di Tolikara yang melarang umat Islam mendirikan masjid. Perda tersebut dinilai diskriminatif terhadap agama tertentu.

Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI) KH Athian Ali M. Da’I mengatakan bahwa dengan peristiwa tersebut semakin jelas bahwa Islam merupakan agama paling toleran, dibanding agama-agama lainnya.

“Tidak ada agama yang mengajarkan toleransi dengan sempurna, tidak ada umat yang paling toleran sepanjang sejarah manusia, kecuali Islam dan umatnya,” ujar KH Athian beberapa waktu lalu.

Ia menggambarkan bagaimana toleransi di Indonesia, dimana Islam merupakan agama yang dipeluk penduduknya. Hal ini kata dia, berbeda dengan Negara-negara atau wilayah dimana Islam menjadi agama minoritas.

“Lihat saja, bagaimana nasib minoritas muslim di sejumlah negara. Jangankan memperoleh haknya, bahkan mereka habis dibantai seperti yang pernah terjadi di Bosnia, Chechnya, kemudian Moro, Patani, Myanmar, dan lainnya,” jelasnya.

Bahkan meskipun di Indonesia masih mayoritas pun, di beberapa wilayah, Islam masih berupaya untuk dikucilkan.

“Itu terjadi di Ambon, Poso, dan kini di Tolikara, Papua,” jelasnya. (iy)

tag: #islam  #toleransi beragama  #pembakaran masjid di papua  #tolikara papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...