Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Selasa, 01 Sep 2015 - 21:28:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebut Kedaulatan Rakyat Dimanipulasi, Ini Penjelasan Jenderal (Purn) Djoko Santoso

99unnamed (4)_1441116778687.jpg
Jenderal (Purn) Djoko Santoso, Mantan Panglima TNI (Sumber foto : antaranews)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Djoko Santoso mengaku prihatin dengan kondisi bangsa saat ini. Dia menilai kedaulatan rakyat sudah dimanipulasi oleh para penguasa.

Djoko mengungkapkan hal itu saat menghadiri acara Mahkamah Intelektual akhir pekan lalu. Pada acara itu terungkap lahan Taman BMW senilai sekitar Rp 735 miliar di Jakarta utara itu telah menjadi bancakan penguasa dan pengembang.

"Saya mendukung lahir batin atas gerakan Mahkamah intlektual. Kenapa? Karena kedaulatan rakyat dimanipulasi. Ini sangat memprihatinkan," ujar Djoko Santoso saat memberikan tanggapan pada acara itu.

Padahal, lahan taman BMW adalah lahan fasos/fasum yang menjadi kewajiban pengembang untuk masyarakat. Namun yang terjadi sertifikat lahan Taman BMW yang diserahkan pengembang ternyata 'bodong' bahkan masih bersengketa.

Praktek seperti inilah yang dinilai Djoko bahwa penguasa memanipulasi kedaulatan rakyat. Penguasa menggunakan kekuasaan untuk mengelabuhi rakyat demi kepentingan ekonomi maupun politik.

Senada dengan Djoko Santoso, Bursah Zarnubi menilai saat ini negara sudah dalam posisi dirampok oleh para pengembang. Sebab, dengan kekuatan dana dan pengaruhnya, pengembang mampu membuat para pejabat tak berkutik.

"Negara sudah dirampok oleh pengembang. Saya mendesak aparat TNI dan Polri tidak boleh berpihak selain kepada rakyat," ujar Bursah Zarnubi, aktivis yang juga hadir pada acara tersebut. Dia juga mengutuk tindakan Ahok yang sewenang-wenang.

Tokoh Malari Hariman Siregar bahkan mengungkapkan saat ini sudah tidak ada lagi aturan hukum (rule of law). Pasalnya semua aturan ditabrak oleh para penguasa demi mempertahankan kekuasaan dan uang.

"Demokrasi sudah dibajak dan yang pantas menjadi pemimipin yang mendapat restu dari kelompok pemilik modal. Ini yang terjadi dengan kasus lahan Taman BMW," ujar Hariman sambil mengajak memperluat gerakan masyarakat sipil.(ris/b3)

tag: #djokosantoso  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...