Zoom
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 09 Sep 2015 - 19:53:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Disebut Jadi Acuan Dunia dalam Hal Penyelesaian Konflik Agama

68diskusi-papua.jpg
Suasana diskusi yang digelar Fraksi PKB terkait konflik Papua (Sumber foto : Syamsul Bachtiar/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas beragama Islam dan multikuturalisme, saat ini menjadi acuan dunia. Bahkan Indonesia mendapat apresiasi dari dunia terutama terkait penanganan konflik sosial berbau agama.

Pasalnya, Indonesia telah membuktikan pada dunia bahwa persoalan tersebut selama ini mampu ditangani.

Tak hanya itu, dunia sudah menjadikan Nahdlatul Ulama (NU), salah satu ormas keagamaan terbesar di Indonesia sebagai role model dalam penyelesaian konflik agama.Apalagi selama ini Islam di Timur Tengah sendiri selalu konflik, perang dan saling membunuh, pengeboman dan kekerasan lainnya, sehingga dunia melihat Islam Indonesia.

“Bahwa jihad dalam Islam itu bukan dengan peperangan, melainkan menciptkan kedamaian, menghargai semua orang dan meminimalisir bebagai problem yang terjadi di tengah masyarakat. Baik Islam maupun non muslim. Di mana penyelesaian konflik agama Indonesia mendapat apresiasi dan rujukan dunia, karena di Timur Tengah yang terjadi justru pembunuhan, peperangan, pengeboman dan sebagainya,” kataKetua PBNU KH. Marsyudi Syuhud dalam diskusi publik ‘Merawat Toleransi dan Kebhinekaan di Bumi Papua Untuk Memperkuat NKRl" di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Lebih lanjut Marsyudi mengatakan bahwa konflik dan masalah agama tersebut ditangani oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berada di bawah Kementerian Agama RI.

“Kalau kasus Tolikara, Papua, konflik di Papua itu sudah terjadi sejak tahun 1960-an sampai hari ini. Tapi, semua ter-manage dengan baik dan mendapat apresiasi dari dunia termasuk PBB. Untuk itu, NU menjadi rujukan dunia dalam menghadapi masalah agama,” ungkapnya. (iy)

tag: #papua  #tolikara  #insiden tolikara  #intoleransi beragama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...