Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 01 Nov 2015 - 16:38:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Anang Minta Hak Soal Karya Cipta Dimasukkan ke Kurikulum

3AnangHermansyah-bahtiar.jpg
Anang Hermansyah (Sumber foto : Syamsul Bachtiar/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Artis yang juga anggota DPR Anang Hermansyah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memperhatikan soal hak karta cipta seseorang.

"Seharusnya pak (Anies) Baswedan memiliki pemikiran dan tindakan kreatif dan inovatif setelah meninggalnya pak Raden," kata dia di Jakarta, Minggu (01/11/2015).

Sebelumnya, Raden Soejadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden meninggal dunia di usia ke-82 tahun, Jumat (30/10/2015). Semasa hidupnya, pak Raden dikenal sebagai pendongeng dan seniman yang melahirkan berbagai karya cipta, di antaranya tokoh Si Unyil.

Belajar dari sana, Anang pun meminta agar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) itu dimasukkan ke dalam kurikulum agar anak-anak memahami tentang HAKI tersebut.

"Supaya pelanggaran mengenai karya cipta di Indonesia bisa ditekan dan juga merangsang masyarakat untuk mulai menghargai dan memahami karya cipta ini menjadi masif," tandas dia.

Terlebih, tutur Anang, Indonesia mempunyai potensi besar dengan negara berpenduduk keempat terbesar di dunia.

"Bayangkan berapa besar yang bisa didapat oleh pemerintah berupa pajak, dan berapa besar pengangguran yang bisa diretas kalau di sektor kreatif bisa digarap dengan sangat serius oleh pemerintah," ulasnya.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Gerindra Bisa Panen Kemenangan Pada Pilkada Serentak di Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 27 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai Partai Gerindra bisa meraih kemenangan besar dalam Pilkada Serentak ...
Berita

Langkah Puan dan DPR Dialog dengan Negara Melanesia Dinilai Sebagai Upaya Jaga Papua

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI Puan Maharani memimpin DPR bertemu negara-negara rumpun Melanesia dengan salah satu poin pembahasan adalah terkait perkembangan di Papua. Hal ini dinilai ...