Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Minggu, 01 Nov 2015 - 16:38:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Anang Minta Hak Soal Karya Cipta Dimasukkan ke Kurikulum

3AnangHermansyah-bahtiar.jpg
Anang Hermansyah (Sumber foto : Syamsul Bachtiar/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Artis yang juga anggota DPR Anang Hermansyah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memperhatikan soal hak karta cipta seseorang.

"Seharusnya pak (Anies) Baswedan memiliki pemikiran dan tindakan kreatif dan inovatif setelah meninggalnya pak Raden," kata dia di Jakarta, Minggu (01/11/2015).

Sebelumnya, Raden Soejadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden meninggal dunia di usia ke-82 tahun, Jumat (30/10/2015). Semasa hidupnya, pak Raden dikenal sebagai pendongeng dan seniman yang melahirkan berbagai karya cipta, di antaranya tokoh Si Unyil.

Belajar dari sana, Anang pun meminta agar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) itu dimasukkan ke dalam kurikulum agar anak-anak memahami tentang HAKI tersebut.

"Supaya pelanggaran mengenai karya cipta di Indonesia bisa ditekan dan juga merangsang masyarakat untuk mulai menghargai dan memahami karya cipta ini menjadi masif," tandas dia.

Terlebih, tutur Anang, Indonesia mempunyai potensi besar dengan negara berpenduduk keempat terbesar di dunia.

"Bayangkan berapa besar yang bisa didapat oleh pemerintah berupa pajak, dan berapa besar pengangguran yang bisa diretas kalau di sektor kreatif bisa digarap dengan sangat serius oleh pemerintah," ulasnya.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement