Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 18 Nov 2015 - 21:15:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Djoko Santoso: Mari Jahit Kembali Kedaulatan Bangsa Kita

7djoko-santoso.jpg
Djoko Santoso (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Di tengah era globalisasi sekarang ini, budaya lokal semakin tergerus oleh budaya asing dihampir semua sektor. Maka itu generasi muda perlu menjahit kembali kedaulatan bangsa serta memupuk dan meningkatkan nasionalisme agar nilai-nilai jati negara bangsa tetap terpelihara.‎ ‎

Demikian disampaikan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso ‎pada acara Apel Akbar Menjahit Kedaulatan‎ Bangsa, bertajuk; 'Segera Selamatkan Indonesia, Kembali ke Pancasila dan UUD 1945 (PPKI 18/8/1945)' di Monumen Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

"Bangsa ini ‎harus segera bangun dari tidur panjangnya, mari jahit kembali kedaulatan bangsa kita. Bangkitkan jiwa nasionalisme kita," ujarnya.

Djoko menilai, kondisi bangsa sekarang semakin jauh dari rasa nasionalisme. Seperti sistem perekonomian Indonesia yang semakin jauh dari karakter bangsa Indonesia, sistem perekonomian belum memenuhi kesejahteraan rakyat.

"Sejauh ini, dalam implimentasinya kebijakan Jokowi lebih dekat dengan asing. ‎Jalannya negara dan pemerintahan harus segera dikembalikan keatas rel konstitusi," tegas Djoko.

"Apakah sumberdaya alam yang terkandung di dalamnya masih digunakan untuk kepentingan negara dan rakyatnya? Jawabnya tidak," cetus dia.

Lebih lanjut, Djoko menyebut, banyak nelayan dan petani lebih suka merantau ke luar negeri demi menjadi pembantu rumah tangga.

"Ini memalukan, kalau ke luar negeri hanya menjadi pembantu rumah tangga sebaiknya jangan deh," sindir Djoko.

Selain itu, kondisi budaya lainnya, tambah Djoko, saat ini sulit menemukan keberagaman budaya etnik. Budaya kita semakin terkikis budaya asing, merusak tataran budaya kita. Gaya hidup sangat terpengaruh budaya asing dan rendahnya rasa nasionalisme.

"Nasionalisme kultural sangat penting untuk memperkaya kultur kita dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan demi mewujudkan kesejahteraan kita bersama," tandasnya. (mnx)

tag: #djokosantoso  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...