Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 07 Des 2015 - 08:37:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Pembelian Heli Mewah Dibatalkan, Jokowi 'Diacungi Jempol'

63Helikopter-AgustaWestland.jpg
Helikopter AgustaWestland (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membatalkan ‎rencana pembelian helikopter VVIP jenis AW-101 buatan Inggris-Italia. Presiden Jokowi memutuskan untuk tetap menggunakan Super Puma yang merupakan buatan PT Dirgantara Indonesia (DI).

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati (Nuning) menilai, langkah Presiden Jokowi tersebut sudah sejalan dengan keinginan rakyat yang tak menghendaki pemerintah membeli helikopter buatan negara luar.

"Menurut saya, pembatalan ini baik, karena berarti presiden mau mendengar aspirasi publik dan punya komitmen kepada Undang-undang Industri Pertahanan (Indhan)," kata Nuning saat dihubungi, TeropongSenayan, Senin (7/12/2015).

Namun dirinya tak mempermasalahkan jika pemerintah ingin membeli helikopter buatan negara asing, asalkan dengan prosedur yang sesuai Undang-undang Industri Pertahanan (UU Indhan).

Tujuan UU Indhan ini dibuat, jelas Nuning, untuk menjadi solusi kemandirian alat utama sistem persenjataan (Alutsista). Kuncinya nanti ada ditangan pemerintah dalam menjalankan amanah UU tersebut.

Maka dari itu mantan anggota DPR RI ini mengatakan, harus adanya perbaikan kinerja industri pertahanan sesuai dengan ketentuan dalam dalam UU Indhan.

"Yang pertama UU Indhan mewajibkan pengguna (TNI) untuk menggunakan produk dalam negeri. Artinya mau tidak mau, Indonesia harus bisa menghasilkan produk Alutsistanya. Mungkin sekarang masih belum bisa memproduksi semuanya, tapi ke depan merupakan keharusan," paparnya.

"Yang kedua, seandainya Alutsista belum diproduksi maka dibolehkan untuk beli di LN (luar negeri), tapi dengan persyaratan ketat mengenai kewajiban transfer of technology, counter trade, offset, dan local content," tambah dia.(yn)

tag: #helikopter-mewah-jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...
Berita

Aktivis 98 Sarankan Prabowo Gandeng KPK, BPK dan PPATK Saat Susun Kabinet

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Aktivis 98, Uchok Sky Khadafi menyarankan agar presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto meminta saran dan masukan dari KPK, BPK RI dan PPATK dalam menyusun formasi ...