Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 09 Des 2015 - 14:04:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Dianggap Jadi Konsultan Ahok, ICW Bantah Tuduhan DPRD DKI

81kantor-ICW.jpg
Kantor ICW (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia Corruption Watch (ICW) membantah tudingan Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik yang beberapa waktu lalu menyebut ICW sudah tak lagi pro pemberantasan korupsi.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan ‎mengaku tak terima dengan tuduhan yang menyebut lembaganya telah berubah menjadi konsultan pribadi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Enggak lah, gak betul itu. Kami enggak dalam kapasitas apapun untuk melindungi Ahok," kata Abdullah, di Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Taufik sebelumnya mengkritisi sikap ICW yang melaporkan Kepala BPK DKI Efdinal ke Mahkamah Kode Etik BPK RI atas penyalahgunaan wewenang lahan TPU Pondok Kelapa.

Pasalnya, waktu pelaporan itu dilakukan ICW tak lama setelah laporan temuan BPK DKI atas kasus pengadaan lahan RS Sumber Waras ke KPK.

"Soal yang kami laporkan (Efdinal) ke Mahkamah Kode Etik BPK, secara substansi sudah jadi kewajiban ICW. Kami menemukan ada indikasi penyalahgunaan kewenangan dan kami ada data soal (lahan TPU) itu," ujar Abdullah.

Justru, kata dia, ICW salah jika mendiamkan permasalahan tersebut. Sebab, tugas utama ICW juga untuk melakukan pengawasan terhadap fungsi auditor negara.

"Artinya, tidak relevan soal momentum bersamaan (antara pelaporan Efdinal dengan temuan RS Sumber Waras). Tidak ada tendensi atau kepentingan tertentu," kata dia.

Bahkan, Abdullah juga menegaskan, bahwa ICW mendukung penuh tindaklanjut terhadap temuan-temuan BPK yang terindikasi kerugian daerah dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemprov DKI Tahun Anggaran 2014.

"Kami tegaskan bahwa sebenarnya ICW pada arah untuk selalu mengkritisi terhadap potensi penyimpangan anggaran apapun," tandasnya. (mnx)

tag: #icw  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Nikmati THR Full, PSI ke TGUPP DKI: Mereka Bekerja Tidak Bersentuhan Langsung ke Masyarakat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta menyayangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak memangkas tunjangan hari raya Tim Gubernur Untuk ...
Jakarta

Halau Pemudik, 11 Titik di perbatasan Jabodetabek Disekat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Sigit Irfansyah mengatakan, penyekatan arus balik pemudik secara ketat dilakukan sejak Selasa ...