Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 09 Des 2015 - 14:04:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Dianggap Jadi Konsultan Ahok, ICW Bantah Tuduhan DPRD DKI

81kantor-ICW.jpg
Kantor ICW (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia Corruption Watch (ICW) membantah tudingan Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik yang beberapa waktu lalu menyebut ICW sudah tak lagi pro pemberantasan korupsi.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan ‎mengaku tak terima dengan tuduhan yang menyebut lembaganya telah berubah menjadi konsultan pribadi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Enggak lah, gak betul itu. Kami enggak dalam kapasitas apapun untuk melindungi Ahok," kata Abdullah, di Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Taufik sebelumnya mengkritisi sikap ICW yang melaporkan Kepala BPK DKI Efdinal ke Mahkamah Kode Etik BPK RI atas penyalahgunaan wewenang lahan TPU Pondok Kelapa.

Pasalnya, waktu pelaporan itu dilakukan ICW tak lama setelah laporan temuan BPK DKI atas kasus pengadaan lahan RS Sumber Waras ke KPK.

"Soal yang kami laporkan (Efdinal) ke Mahkamah Kode Etik BPK, secara substansi sudah jadi kewajiban ICW. Kami menemukan ada indikasi penyalahgunaan kewenangan dan kami ada data soal (lahan TPU) itu," ujar Abdullah.

Justru, kata dia, ICW salah jika mendiamkan permasalahan tersebut. Sebab, tugas utama ICW juga untuk melakukan pengawasan terhadap fungsi auditor negara.

"Artinya, tidak relevan soal momentum bersamaan (antara pelaporan Efdinal dengan temuan RS Sumber Waras). Tidak ada tendensi atau kepentingan tertentu," kata dia.

Bahkan, Abdullah juga menegaskan, bahwa ICW mendukung penuh tindaklanjut terhadap temuan-temuan BPK yang terindikasi kerugian daerah dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemprov DKI Tahun Anggaran 2014.

"Kami tegaskan bahwa sebenarnya ICW pada arah untuk selalu mengkritisi terhadap potensi penyimpangan anggaran apapun," tandasnya. (mnx)

tag: #icw  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...