Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 16 Feb 2016 - 06:13:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Benarkah Sekda DKI Terima Setoran dari Hasil Korupsi UPS?

29saefullah-sekda-dki.jpg
Saefullah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tersangka pengadaan uninterruptible power supply (UPS) Zaenal Soleman mengaku, pernah menyerahkan uang sebesar Rp 1,5 miliar kepada Ahmad Zulfi, saat menjabat sebagai sekretaris Korpri.

"Itu pak, kemarin itu kan pas ada lelang jabatan. Jadi, seandainya dapat 'sinyal' dari pimpinan. Ya, begitu Pak," ujar Zaenal salah tingkah ketika ditanya untuk apa uang tersebut diserahkan ke Zulfi.

Kesaksian tersebut diungkapkan bekas kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) ini ketika bersaksi dalam kasus UPS di Pengadilan Tipikor, Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Uang sebesar Rp 1,5 miliar tersebut merupakan bagian dari Rp 3,2 miliar yang diperolahnya atas keuntungan pengadaan UPS di sejumlah sekolah SMA/SMK di beberapa sekolah di Ibu Kota.

Saat pengadaan UPS berlangsung atau masuk pada APBD Perubahan DKI 2014, Zaenal diketahui menjabat kepala Seksi Sarana dan Prasarana (Sapras) Sudin Dikmen Jakpus. Baru pada 2015, dipercaya sebagai kepala Disorda.

Pada kesempatan sama, giliran Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah bersaksi. Dia pun sempat ditanya jaksa tentang siapa atasan atau pimpinan para pejabat eselon II.

Awalnya, Saefullah mengklaim, pemimpinnya adalah Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, dia kemudian meralatnya dengan mengatakan, "Iya, saya atasan langsung," ujarnya.

Tapi, Saefullah membantah, jika dirinya disebut mengetahui uang Rp 1,5 miliar dari Zaenal ke Zulfi tersebut, termasuk peruntukannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun TeropongSenayan, ternyata Saefullah dan Zulfi memang memiliki hubungan dekat selama berkarir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Ibu Kota.

Ketika Saefullah menjabat wakil kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI pada 2008, Zulfi ditunjuk sebagai kepala Sarana dan Prasarana Pendidikan Jakarta Selatan.

Saat Saefullah menjadi kepala Disorda, Zulfi pun diangkat sebagai kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) GOR Soemantri Brojonegoro, Jakarta Selatan.

Zulfi pun dipercaya sebagai kepala Sudin Olahraga dan Pemuda Jakpus, ketika Saefullah diangkat sebagai Walikota Jakarta Pusat.

'Kemesraan' keduanya berlanjut ketika Saefullah menjadi Sekda DKI. Pasalnya, Zulfi langsung diangkat sebagai sekretaris Korpri.

Untuk diketahui, Saefullah menjabat ketua Korpri masa bakti 2015/2020, sebagaimana hasil Musprov III Korpri DKI. Sementara Zulfi telah distafkan, saat kasus UPS mulai menyeruak ke publik.
(mnx)

tag: #dki-jakarta  #korupsi-ups  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...