Zoom
Oleh Emka Abdullah pada hari Jumat, 14 Nov 2014 - 08:29:11 WIB
Bagikan Berita ini :
PKS: Pikiran KIH Berbau Orde Baru

Revisi UU MD3 Bikin DPR Jadi Macan Ompong

33IMG_8697.JPG
Gedung Kura-kura, simbol kekuatan wakil rakyat (Sumber foto : Eko S Hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Tuntutan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) untuk merevisi UU MD3 dan Tata Tertib DPR mendapat perlawanan dari kalangan Koalisi Merah Putih (KMP). Anggota Fraksi PKS DPR RI Aboe Bakar Alhabsy menilai tuntutan tersebut sangat berlebihan dan tidak sesuai dengan suasana politik saat ini.

"Revisi terhadap Pasal 98 ayat 6, 7, 8, UU No 17/2014 tentang MD3 dan Pasal 60 Tata Tertib DPR yang mengatur penggunaan hak anggota di komisi akan mengembalikan kita ke sistem Orde Baru. Kita akan mundur ke belakang, dan kembali memposisikan DPR menjadi macan ompong," ujar Alhabsy kepada TeropongSenayan, Jumat pagi (14/11/2014).

Alhabsy mengkhawatirkan, jika tuntutan revisi itu dipenuhi DPR akan kembali sekadar sebagai lembaga stempel belaka, karena kewenangan utamanya melalui hak menyatakan pendapat, hak interpelasi dan hak angket akan dipangkas. "Saya rasa ini adalah bentuk ketakutan yang luar biasa atas salah urus kartu sakti kemarin, sehingga mereka menuntut untuk memangkas hak-hak yang dimiliki DPR," lanjut Alhabsy.

Tuntutan KIH agar dilakukan revisi terhadap UU MD3 dan Tata Tertib DPR juga telah berakibat batalnya rapat paripurna kemarin (13/11/2014). Batalnya rapat paripurna itu mengakibatkan kesepakatan yang sudah dicapai antara KMP dan KIH menjadi mentah kembali, dan kerja parlemen menjadi tidak jelas.

Batalnya paripurna kemarin di luar dugaan banyak orang. Sebab sebelumnya, sudah ada kesepakatan untuk mengakhiri perpechan di DPR dengan memberikan 21 kursi pimpinan alat kelengkapan dewan (AKD) kepada KIH. Ternyata kesepakatan itu bukan akhir konflik KMP dan KIH di parlemen. (b)

tag: #KIH vs KMP Belum Berakhir  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...