Jakarta
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 31 Mar 2016 - 17:44:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Sindiran untuk "Teman Ahok": Kata Relawan Itu Hanya untuk Memperhalus Tim Sukses

39TimSukses_zps102f8640.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak angkat bicara terkait kemunculan Teman Ahok sebagai pendukung utama calon Gubernur DKI lewat jalur independen Basuki Tjahaja Purnama (BAP). Menurutnya, pemilihan sebutan teman, kawan, sahabat atau relawan sebenarnya hanya diksi politik yang bertujuan untuk merebut hati masyarakat pemilih

"Kata relawan itu hanya untuk memperhalus tim sukses. Misalnya sahabat, teman, sahabat Donal misalkan," ujar Dahnil saat menjadi pemateri pada acara diskusi yang diadakan Madrasah Anti Korupsi Pemuda Muhammadiyah dan Pusat Belajar Anti Korupsi Dompet Dhuafa dengan tema "Mahar Politik dan Deparpolisasi" di Aula KH. Ahmad Dahlan PP Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Dalam diskusi tersebut, turut hadir sebagaipanelis di antaranya Ketua divisi korupsi politik ICW Donald Farist, Ketua PP Muhammadiyah Dr. Busyro Muqoddas, pengurus PBAK DD, Ridwan Affan, dan kuasa hukum dari mantan komisioner KPK Bambang Widjojanto, Saor Siagian.

Sejatinya, kata Dahnil, para relawan memiliki peran dan fungsi yang sama dalam setiap memberikan dukungan terhadap calon kepala daerah yang didukungnya. Di level politik, Dahnil mengaku belum menemukan kelompok relawan yang secara sukarela.

"Relawan itu adalah diksi yang bagus. Tapi ketika dipakai di ranah politik itu saya masih sulit dapat logika relawan yang benar-benar pro publik secara full dari tindakan politiknya di Indonesia," ungkapnya.

Sesungguhnya, lanjut Dahnil, terdapat distorsi dan muatan kepentingan di balik pilihan-pilihan bahasa politik itu. Masyarakat Indonesia kata dia, sudah sangat pintar dalam menilai maksud dari kemunculan diksi-diksi tersebut.

"Diksis itu saat ini mengalami dekadensi, termasuk independen," paparnya. (iy)

tag: #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...