Bisnis
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 07 Apr 2016 - 19:09:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Terungkap, Bank BNI Salurkan Dana Pinjaman dari China ke Perusahaan Asal Qatar

55Bank-BNI.jpg
Bank BNI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Salah satu bank BUMN, Bank BNI merupakan salah satu pihak yang menerima dana pinjaman dari China Development Bank (CDB) sebesar USD 1 miliar.

Seperti diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dana pinjaman tersebut bakal digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Kenyataannya, dalam dokumen yang diperoleh TeropongSenayan, Bank BNI malah menyalurkan dana tersebut ke salah satu perusahaan telekomunikasi, yang mayoritas sahamnya dimiliki perusahaan asal Qatar.

Indosat merupakan salah satu perusahaan penerima kredit dari Bank BNI sebesar Rp 500 miliar.

Selain itu, dalam dokumen tersebut juga disebutkan batas atau jangka waktu kredit yang diberikan kepada PT Indosat Tbk sampai dengan 139 bulan.

Perusahaan Qatar memiliki saham Indosat saat Singapore Technologies Telemedia Pte Ltd (ST Telemedia) yang memiliki saham mayoritas Indosat menjual seluruh sahamnya di PT Indosat Tbk sebesar 40,8% kepada Qatar Telecom QSC (Qtel) pada 2008 lalu.

Bahkan pada tahun 2009, Qtel membeli saham seri B sebanyak 24,19% dari publik sehingga menjadi pemegang saham mayoritas Indosat dengan kepemilikan sebesar 65%.

Diketahui, tiga bank BUMN, Bank Mandiri, BNI dan BRI melakukan pinjaman ke China Development Bank sebesar USD 3 miliar, yang mana dana tersebut direncanakan untuk pembiayaan infrastruktur.

Namun, faktanya ada sejumlah perusahaan yang bukan bergerak di bidang infrastruktur justru mendapat guyuran dana kredit tersebut.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement