Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 02 Sep 2016 - 13:35:15 WIB
Bagikan Berita ini :
Penggusuran Rawajati

Budayawan Betawi Bilang Pejabat DKI Semena-mena Terhadap Warganya

86ridwan-saidi-1.jpg
Ridwan Saidi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kembali melakukan penggusuran paksa terhadap pemukiman warga yang dianggap bangunan liar di pinggir rel kereta api Duren Kalibata, Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (1/9/2016).

Dalam penggusuran ini Pemprov DKI mengerahkan petugas gabungan sebanyak 800 petugas untuk melawan 300 warga yang terdampak penggusuran.

Menanggapi hal itu, Budayawan Betawi, Ridwan Saidi meminta agar pejabat DKI tidak berlaku semena-mena kepada rakyat, layaknya pemerintah kolonial Belanda.

Menurutnya, saat ini masyarakat sedang dalam kondisi susah. Mereka jangan ditambah susah lagi dengan berbagai macam kebijakan yang merugikan seperti penggusuran paksa.

"Saat ini masyarakat sedang susah. Mereka lapar, mereka disuruh bayar pajak, ada lagi tax amnesty. Hati-hati, disaat kondisi susah begini, aparat jangan justru melakukan sesuatu yang memancing kemarahan rakyat," kata Ridwan, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Oleh karenanya, Ridwan berpesan, jika pemerintah ingin melakukan penertiban, hendaknya hal itu dilakukan dengan cara-cara yang lebih beradab dan manusiawi.

"Aparat jangan galak-galak sama rakyat. Kalau rakyat terus digalakin, nanti kemarahan rakyat semakin membesar, revolusi sudah di depan pintu lho," ujar mantan Anggota DPR RI periode 1977-1987 ini.

"Makanya, saya ingatkan, pemerintah DKI dan maupun pusat, jangan terus memancing kemarahan rakyat," pesan Ridwan.(yn)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...