Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 06 Sep 2016 - 18:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Dianggap Tak Serius Bahas RUU Minol

2minol.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam pembahasan RUU larangan Minuman Beralkohol (Minol), pemerintah dianggap tidak serius membahas aturan tersebut. Padahal semua pihak sepakat, RUU Minol sangat penting segera disahkan menjadi Undang-undang.

Ketua Pansus RUU Minol Arwani Thomafi menegaskan, pasca reshuffle jilid-II pemerintah belum sama sekali menghadiri undangan panitia kerja (Panja) RUU Minol untuk membahas segala mekanismenya.

Mulai dari pengendalian, peran serta masyarakat, pengawasan, dan ketentuan pidana. Namun, dalam rapat panja sebelumnya
telah memutuskan soal klasifikasi dan definisi Minol.

"Pasca reshuffle memang belum ada pembahasan dengan pemerintah sekali pun di Panja. Harusnya Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian bisa segera membahas RUU ini," kata Arwani kepada TeropongSenayan, di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Sementara itu, Arwani mengungkapkan kalau sejauh ini pemerintah dan DPR telah sepakat akan mengatur peredaran minuman beralkohol secara ketat, dengan melibatkan aparat penegak hukum.

Nantinya, dalam RUU Minol akan juga memasukan aturan batasan umur dan lokasi peredaran minuman beralkohol. Dan dapat dipastikan, ujar Arwani, bila RUU Minol sudah disahkan menjadi Undang-undang, maka tidak lagi terjadi tumpang tindih aturan tiap Kementerian.

"Karena pengawasan itu akan dilakukan secara ketat dengan melibatkan aparat penegak hukum menjadi bagian kegiatan pengawasan ini bersama dengan pemerintah," jelasnya.

"Semua regulasi mengatur soal minol, akan mengacu payung hukumnya pada Undang-undang ini. Kalo Undang-undang ini sudah dibahas dan diatur, maka semua aturan akan pakai Undang-undang ini," pungkasnya.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan ...
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...